Obat / Cara Mengatasi Mimisan

Mimisan atau Keluar darah dari hidung disebabkan adanya pembuluh darah yang berada di selaput lendir hidung pecah. Pecahnya pembuluh darah tersebut menyebabkan darah keluar secara terus-menerus dari hidung. Keluar darahnya bisa banyak, bisa juga sedikit, tergantung besar kecilnya pembuluh darah yang pecah tersebut. Obat atau cara mengatasinya dapat dilakukan dengan cara sederhana.
Bagaimana cara mengatasinya? Cara sederhana untuk menghentikan perdarahan tanpa bantuan obat dan alat. Cukup dengan duduk dengan posisi badan dan kepala agak maju ke depan. Lalu gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dan menutup hidung. Sedangkan mulut dibuka untuk bernapas. Lakukan selama 1-2 menit. Tak berapa lama kemudian biasanya darah langsung berhenti.
Dengan memajukan kepala berarti darah tidak akan mengalir kembali ke tenggorokan. Gunanya mencegah iritasi dan batuk, tersedak, atau muntah darah. Posisi duduk juga membuat aliran darah lebih lambat, karena posisi jantung sebagai pusat pompa darah berada di bawah hidung. Berbeda jika anak dibaringkan, karena posisi jantung berada sejajar dengan hidung, sehingga darah yang mengalir pun relatif lebih cepat.
Jika cara pertama belum berhasil, cobalah kompres hidung dengan es. Bungkuslah es dengan saputangan lalu tempelkan di antara kening dan hidung. Selain es, benda lain seperti makanan atau minuman beku bisa digunakan. Es dan benda dingin lainnya yang ditempelkan mampu mengecilkan pembuluh darah sehingga perdarahan pun cepat berhenti. Kompres bisa dilakukan saat perdarahan sedang berlangsung maupun berhenti.
Jika di Jepang kebetulan ada kangkung, anda bisa menggunakan kangkung untuk mengobati mimisan. Beberapa referensi menyebutkan, dalam 100 gram kangkung yang direbus tanpa garam, nilai nutrisnya adalah energi sebanyak 28 kkal, air 91, 2 gram, protein 1, 9 gram, lemak 0, 4 gram, dan karbohidrat 5, 63 gram. Selain itu, kangkung juga mengandung mineral, vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan zat besi.
Kangkung memiliki sifat kimia sebagai antiracun, peluruh perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur). Karenanya tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan dalam porsi banyak dengan menu utama kangkung.
Untuk keperluan pengobatan, yang dipergunakan adalah seluruh bagian tumbuhan dan akar. Kandungan kimianya adalah daun mineral, vitamin, karotena, hentriakontan, dan sitosterol. Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati dengan kangkung, antara lain mimisan, haid terlalu banyak, sakit gigi, melancarkan air seni, keracunan makanan, kencing darah, sakit perut, sulit tidur, wasir berdarah, dan sebagainya
Untuk mengobati mimisan dan mengurangi haid yang terlalu banyak, ambillah dua ikat kangkung dan cuci hingga bersih. Setelah itu ditumbuk hingga halus atau diblender. Selanjutnya airnya disaring dan dicampur dengan satu sendok makan madu. Air ini kemudian diminum sekaligus sehari sekali.
Atau menggunakan daun sirih. Setelah dicuci bersih, gulunglah daun sirih tersebut lalu dimasukan ke hidung yang mengalami pendarahan. Daun sirih dikenal ampuh untuk mengatasi mimisan karena mengandung zat pengerut jaringan atau astringen.
Baca juga:
About these ads

26 Tanggapan

  1. tolong ya bagaimana cara penanggulangannya

    • menurut aku kamu sering makan buah-buahan dan sayur-sayuran juga jgn suka kerja terlalu cape tanpa istirahat yg ckp

  2. Penyakit bisa mengurangi dosa dan rasa sombong

  3. Makasih ya Infonya. 5 menit lalu anak saya mimisan. Dengan tips yang ada skarang sdh mendingan. …

  4. Selama ini yg saya tau pake daun sirih. Ternyata kangkung jg bisa ya..makasi masukan barunya!!

  5. teman baru mimisan ini, makasih tipsnya.

  6. Ada lagi ni cara yang juga bisa menghentikan mimisan, yaitu dengan membasahi kepala di bagian ubun-ubun dengan sedikit air trus agak di tepuk-tepuk sedikit dengan telapak tangan, maka darah yang keluar dari hidung akan berhenti..

  7. makasih infonya mbak…

  8. thanks infonya, . .

  9. bisa juga dengan “Kayu Manis yg dikerik hingga menjadi bubuk lalu ditambah madu satu sendok”

  10. saya umur 28 tahun.sering mimisan n biasanya di karenakan kepanasan atau terlalu capek.
    terkadang satu hari bisa mimisan 2 kali, apakah mungkin kondisi tubuh yg terlalu letih dapat menyebabkan mimisan,
    dalam minggu ini saya mimisan sudah 6 kali.
    tolong masukanya, terima kasih

  11. sekarang adikku udah mendingan dengar cara mencegah dan mengobati mimisan, dia mimisan terus”an, dan skarang dia sudah agak mendingan. Terima Kasih banyak buat admin blog ini. Semoga blognya bisa maju dan menghasilkan beberapa penghasilan yang layak untuk informasi yang penting ini. amin :)

  12. Apakah bahaya orang yg sering mimisan?

  13. apakah bahaya mengatasi mimisan dengan cara menengadah/melihat ke langit?

  14. mksh yua ……

  15. OK ………
    MAKASIH……………..

  16. semoga bermanfaat……….

  17. sangat berguna banget makasih boss atas infonya.

  18. Anak saya baru bertengkar. ..Sama teman saling teriak kmudian mimisan… Apa emosi bisa menyebabkan mimisan knpa…??

  19. saya ada sakit alergi, sehingga saya pun susah bernapas, dan kadang kala saya mimisan, saya ingin tanya jikalau mimisan itu dikarenakan penyakit saya ni, apakah obatnya masih yang ditulis diartikel anda? dan jelaskan?!

  20. […] Obat / Cara Mengatasi Mimisan | keluarga kediri-imunisasi … […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.