Tips Melatih Anak Tidur Sendiri

* Kenali Sifat buah hati anda. Ada anak yang memerlukan perubahan secara perlahan ada pula yang menginginkan “reward”.
* Ada pula yang secara perlahan “dijauhkan” dari posisi orang tua tidur, secara bertahap memindahkan posisi tempat tidur anak menjauh dari kamar kedua orang tuanya.
* Berikan pemahaman mengapa anak harus mulai belajar untuk tidur sendiri, misalnya ” sekarang sudah besar dan harus berani tidur sendiri”
*Kenalkan waktu pada anak (pagi, siang, sore dan malam). Pagi hari buka jendela adalah waktu mulai bangun tidur dan beraktivitas. Dan ketika malam kenalkan rutinitas bahwa malam waktunya untuk istirahat dan tidur.
* Kenalkan waktu tidur yang tepat untuk anak, dikhawatirkan jika waktu yang tepat untuk tidur sudah terlewatkan anak akan terjaga sehingga sulit untuk tidur.
* Ciptakan ritual sederhana sebelum tidur, misalnya gosok gigi bersama, berdo’a atau mendongeng.
* Pusatkan kegiatan anak pada siang hari dikamar mereka supaya mereka mencitai kamarnya.
* Buatlah kesepakatan untuk membuat anak merasa nyaman misalnya ditemani dulu sampai mereka tertidur atau pintu kamar dibiarkan terbuka.
* Berikan penghargaan jika anak berhasil tidur sendiri.

disarikan dari sekar 19/09

34 Tanggapan

  1. untuk bayi gimana caranya?

  2. memang benar kita harus melatih anak untuk tidur sendiri sejak ia masih kecil. tetapi secara bertahap saja.

  3. sebagai tambahan saja,
    agar anak ingin dia tidur di kamarnya sendri dengan sendirinya, buatlah kondisi kamar sesuai dengan keinginan anak. ajak anak untuk mendekor kamarnya sendiri, sehingga anak kerasan untuk tidur di kamarnya sendiri, selain itu pada awalnya temani anak hingga dia terlelap, namun perlahan kurangi kebiasaan itu hingga anak berani untuk tidur dikamarnya sendiri.

    namun, pada dasarnya, kita perlu mengetahui apa yg menyebabkan anak tidak menyukai tidur di kamarnya, dan melakukan upaya perbaikan atas ketidaknyamanannya tersebut.
    ^^

  4. Pada umur berapa anak sebaiknya tidur sendiri

  5. trik sy adalah memasang lampu2 lucu dan foto2 keluarga agar anak ga takut. trus poto yg kemaren sy ikutin lomba foto anak, sy cetak 10R sy pigura dan sy pasang di dinding kamarnya, biar dia seneng bobo di kamar

  6. @ ochie flowery
    kalau emang suka poto2 anaknya..
    ikutan aja tuh lomba fotonya bintang anmum..
    tapi secepetnya.. soalnya akhir bulan ini dah mo selesai.. dapetnya bisa keren2 banget hadiahnya..
    ada ipad segala..😀 *just info

  7. wah.. lomba? lomba apa???
    bagi2 info donks… gimana cara liatnya? harus kemana? pernah denger sih anmum ngadain lomba.. tapi gak tau gimana caranya..

  8. lomba anmum tuh..
    coba cek aja di http://www.bintanganmum.com😀
    disitu lengkap.. he2

  9. wah.. ada lomba yah?
    mau ikutan ahhh…😀
    langsung ke webnya http://www.bintanganmum.com yah?
    thx infonya..
    kalau ada info2 lagi jangan lupa di share yahhh..😀

  10. Waduh pas bgt nih aku lg baca artikel ini. Ibu2 jg ikutan lomba foto bintang Anmum ya? Aku dah anakku jg ikut. Untung aja cepet2 tau kalo ada lomba soalnya batas waktu pendaftarannya s/d akhir bln April ini kan ya? Gak sabar pengen cepet2 lomba. Hadiahnya keren2. Lumayan kalo menang dapet iPad heheh.. Makasih sebelumnya utk artikel dan info nya ya

  11. aku udh ikutannn donggg lomba fotonyaaa….. yuu cepetan masih bisa kok ikutann… hayooo cepetan smpe akhir bln ini bundaa…..di pilih fotonya yg paling cute… gut lakk smg menang

  12. bunda hadiahnya apa aja sihh…..mau dong.. ikuta masih bisa yahhh…ktinggalan berita nii soal lomba fotonya anmum….linknya yg http://www.bintanganmum.com yahhh? mau buka ahh linknya…

  13. hadiahnya bagus2 lohh bunda jenny… ada IPAD,IPHONE,BB<DIGICAM…. seru yahhhhh makanya buruan deh ikutannnn aku udh ikutan lhooooo

  14. wow tips penting ini sih… ijin nge-tweet artikel ini ya, trim’s🙂

  15. anakku juga udh aku ikutinlomba foto anmum… hihihi doain ya smg menang… jgn lupa vote.. yg vote dapet hadiah juga ho…. mknya jgn ktinggalan dehhh

  16. selain melatih tidur sendiri kita juga harus melatih dan membiasakan anak untuk tidak jajan ataupun makan yang terlalu manis karena dapat mengakibatkan kegemukan ….

  17. Melatih anak tidur sendiri berarti melatih kemandirian nya..dan berarti anak sudah harus mengerti mana yg baik dan kurang baik. Khususnya dalam memilih makanan,karna kalau salah memilih makanan bisa menyebabkan obesitas dan menimbulkan banyak penyakit di kemudian hari.

  18. hmmm..anakku memang sudah bisa tidur sendiri nih.tapi karena cuma ada 1 kamar jadinya yah akhirnya tidur rame2 juga..apakah mengganggu kemandiriannya yah bunda?
    Tapi kalau soal makan..anakku pasti makan sendiri dan memakan semua sayur yang kumasak sendiri..
    Dan memang tidak suka jajan, dari dulu aku mengajarkan kalau jajan itu tidak baik ^^

  19. wah terimakasih sarannya nih…mendekor ruang tidur sendiri juga termasuk yah?
    supaya lebih nyenyak tidurnya, sang anak juga harus makan cukup dan bergizi baik yah, seperti kata para bunda diatas ^^

  20. Wah tipsnya menarik banget.. saya paling suka yang tips berdoa bersama sebelum bobo.. ntar malem mau coba ah ^^

  21. Umur berapa ya sebaiknya anak dibiarin tidur sendiri? Soalnya ga tega sih.. anak saya baru 2 tahun. Thx

  22. memberikan penghargaannya berupa apa bu?pujian sajakah?kalau diberikan hadiah mulu, nanti jadi nagih d

    • mungkin bisa dengan tepuk tangan? karena anak kecil kan senang sekali kalau ibunya senang dengan apa yang dia kerjakan?🙂
      jadi tidak harus berupa barang atau makanan..😀
      kalau barang yang ada bisa nagih terus..
      kalau makanan yang ada bisa jadi gendut lagi.. he2

  23. anak saya sekarang umur 3 thn.. sebaiknya umur berapa ya anak itu d biasain tdr sendiri?pinginnya sih dar sekarang tapi kok susah yaaaa

  24. anaku tidur sendiri sejak umur 2 thn lho… pelan2 aku ajarin biar terbiasa….awalnya memang susah yahhh tap lama2 isa kok jd terbiasa

  25. bunda kalo anaknya masih ASI gmn yah caranya biasain dia tdr sendiri??aku sih pingin bgt lho ngajarin anakku tidur sendiri biar mandiri yaa

  26. bunda ocha, umur 3th sih udah bisa kok dilatih utk tidur sendiri.. pertama2 bunda nya masih kelonin dulu,tapi di kamarnya si anak..nanti kalau sudah tidur,baru bunda pindah tidur dikamar bunda sendiri..
    kalau anak terbangun,bunda sebaiknya langsung menghampiri,agar si anak tidak merasa ditinggal,dan beri pengertian bahwa kedua orangtuanya ada di dekatnya,hanya berbeda kamar.. nanti lama kelamaan anak pasti sudah berani tidur sendiri..🙂
    selamat mencoba..

  27. kalau anak saya beda lagi..dia baru mau tidur sendiri,semenjak diberitahu kalau Allah baru mau memberi adik,kalau kakaknya sudah berani tidur sendiri..hehehe…

  28. iya sblm tidur anakku pasti minta ngemil tp itu dulu sejak dia aku ajarin tidur sendiri dan mengajarkan jangan makan sblm tidur nanti jd gendut ehh berhenti deh ngemil klmlm

  29. iya sama bunda dewiratih anakku suka banget ngemil lho tp sejak saya ajarin jgn suka ngemil apalgi yg manis akan mengakibatkan gendut akhirnya dia berhenti

  30. pgn deh supaya anakku bisa tidur sendiri..supaya mereka tuh lebih berani dan mandiri,walaupun sebenernya kita jg pgn slalu dkt mereka..klo orang2 bule itu dari bayi bngt udah ditinggal tidur sendiri ya,bahkan dimatiin lampunya..hebat!!

  31. merubah suasana kamarnya agar terlihat lebih menyenangkan bisa juga tuh bener sebagai salah satu solusinya,tapi kayanya itu emang soal kebiaaan aja ya..sebagai orang timur kadang kita juga diajarkan banyak pantangannya,hehe..’kearifan budaya lokal’

  32. sebelum tidur pastikan klo mereka sudah cukup makan agar tidurnya pulas,lalu kita bisa membacakan sebuah cerita kepeda mereka agar bisa mimpi indah😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s