8 Tahun Perkawinan Kami


Tepatnya tanggal 22 September 2000 kami menikah, dan hari ini tepat 8 tahun usia pernikahan kami.

Untuk Suamiku
Pernikahan atau perkawinan,
Menyingkap tabir rahasia.
Istri yang kamu nikahi,
Tidaklah semulia khadijah,
Tidaklah setaqwa Aisyah,
Pun tidak setabah Fatimah,
Apalagi secantik Zulaikha.

Justru Istrimu hanyalah wanita akhir jaman,
Yang punya cita-cita,Menjadi Sholehah….
Pernikahan atau perkawinan,
Mengajar kita kewajiban bersama,
Istri menjadi tanah, Kamu langit penaungnya,
Istri ladang tanaman, Kamu pemagarnya,
Istri kiasan ternakan, Kamu gembalanya,
Istri adalah murid, Kamu mursyidnya,
Istri bagaikan anak kecil, Kamu tempat bermanjanya. Baca lebih lanjut

Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Punya anak sehat dan cerdas pastilah impian semua orang tua. Sebagai orang tua kita pastilah sedih dan bingung kalo anak kita susah makan apalagi makan sayur, maunya makan yang itu-itu aja. Dulunya ocha dan lulu maunya juga makan yang kering-kering aja sama lauk aja kalopun makan masakan yang bersayur, lebih sering dikelurkan dari mulut lagi sayurnya. tapi kini sejak ada jus organik melilea ” Greenfield Organic Melilea” dan jus “Aplle Orchard” semua masalah susah makan sayur teratasi dan anak-anak makin sehat. Awalnya jus organik itu untuk mama detox dan menurunkan berat badan. Hasilnya memang mengagumkan perut mama udah gak gendut lagi, setelah dibaca – baca ternyata baik juga untuk anak-anak karena mengandung lebih dari 20 jenis tumbuhan, sayuran, buah-buahan serta rempah-rempah yang mempunyai khasiat dan gizi yang tinggi. Sedangkan jus applenya yang segar dan sedikit masam membuat anak-anak menyukai rasanya. Jus organik itu biasanya mama ngasihnya waktu siang hari, kalo kakak sepulang sekolah setelah makan siang sedangkan adik lulu sih biasanya jam makan selingan ya..sekitar jam 11an lah. Sekarang kalo mama bikin jus organik Melilea anak-anak pada berebut minta. Karena rasanya yang segar dan berupa minuman tak terasa kalo mereka sebenarnya makan sayur. Sekarang perubahan cuaca pun sudah tidak mudah membuat anak-anak terserang flu, makin sehat, makan juga makin mudah.

Gaya Rambut Grup Band The Changcuters

the changcuters

Penampilan grup band pendatang baru The changcuters emang bikin heboh. Dari style gaya 60 an sampe model vokalis yang mirip Jim Carey or legenda musik Elvis Presley. Penampilan gitarisnya yang “The Beattles ” banget or anak-anak sih nyebutnya simpel dengan gaya rambut melon, hehehe.

Sama seperti Vani yang punya model rambut melon, mirip dengan gitaris The Changcuters. Tipe rambutnya lurus tipis banget. Beda dengan kakaknya (Vina) yang punya model rambut ikal. ga tau nih nurun siapa, soalnya bapak n ibunya rambutnya juga ikal, hehehe.

Jangan Salah, Itu Bukan Boneka…

vani aludra rayani

Lama juga juga ga posting tulisan, maklum lagi banyak acara (hehehe). Nah sekarang mulai bikin tulisan lagi, seperti yang terlihat di gambar ditemani Vani. Jangan salah ya…. yang duduk disebelah monitor itu

bukan boneka. Biasanya orang menaruh hiasan di atas meja kerjanya dengan boneka atau akseoris lain, tapi ini lain “hiasan hidup”.

Penasaran apa sih yang dikerjain mama, ga puas cuma duduk dipangkuan mama akhirnya Vani naik ke atas meja dan mengamati semua perlengkapan komputer. Mulai dari monitor (kok bisa ada gambarnya ya), speaker (kok bisa keluar suara) sampe keyboard buat ngetik dan terakhir yang paling dia suka adalah mouse.

Selamat Ulang Tahun, Vani Aludra Rayani

Selamat Ulang tahun buat anak kami yang kedua Vani Aludra Rayani (Lulu). Hari ini tanggal 26 April 2008 dek Lulu genap berusia 1 tahun. Senang sekali dapat mengikuti perkembangannya selama setahun ini, terutama ayah. Sewaktu kak Ocha (Vina Aulia Rozani) dulu ayah masih kerja di Denpasar Bali, sehingga sampai Ocha berusia 2 tahun hanya beberapa kali saja bisa ketemu. Sebenarnya sama saja dengan kelahiran dek Lulu, saat itu (sampai sekarang) ayah masih harus kuliah di Malang, karena kebetulan pada usia kandungan sekitar 5 bulan ayah mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Univ. Brawijaya Malang. Namun karena Malang-Kediri hanya sekitar 2,5 jam ayah masih sering di Kediri.

Ulang tahun kali ini rencananya seperti biasa kita syukuran di tempat Eyangnya anak2, kita minta doa kakek dan nenek mereka agar kami menjadi keluarga yang penuh rohmah dan anak-anak diberikan kesehatan, kecerdasan, dan ketaatan. Sekaligus juga mohon doa khusus nih buat ayah biar bisa selesai kuliahnya sesuai dengan jadwal, soalnya batas beasiswanya kan sampai bulan Juni depan. Amin.

Dalam usianya yang sudah 1 tahun ini, terus apa saja perkembangan dek Lulu?

  1. Sudah bisa berdiri, meskipun belum bisa berjalan tapi lumayan nih de Lulu udah bisa berdiri meski belum bisa lama. Kalo dulu kak Ocha umur 10 bulan udah bisa jalan, dek Lulu lebih seneng berangkang dari pada jalan.
  2. Semakin pandai memanjat, wah kalo yang satu ini emang hobinya. Dek Lulu hebat banget kalo soal memanjat seperti naik tempat tidur, naik rak buku, naik tangga, naik meja melalui beberapa bantuan benda disekitarnya. Tangannya juga terasa kuat.
  3. Sudah mengetahui fungsi benda. Dek Lulu sudah banyak menangkap memori untuk beberpa fungsi benda, mungkin semua benda seisi rumah dia dah tahu. Seperti jika diberi sisir dia akan menyisir rambutnya, remote untuk menyalakan dan mematikan TV, menggunakan telepon untuk berbicara, pensil-bolpoin-spidol untuk menulis alias corat-coret, sikat gigi. Dan masih banyak lagi.
  4. Udah bisa marah, bila ada sesuatu yang tidak sesuai keinginannya dia sudah bisa marah dengan berteriak keras. Tapi dia juga sangat mudah diajak bercanda, sering sekali terlihat bermain dengan kak Ocha sampai tertawa keras.
  5. Gigi yang tumbuh jumlahnya 6 biji. Nah kalo ini lebih hebat dari kak Ocha, dulu kak Ocha umur 1 tahun giginya belum ada yang tumbuh. Makanya ga heran kalo dek Lulu doyan maem.

usia 1 tahun vani aludra rayani

Wisata Ke Candi Borobudur

Tulisan mengenai wisata ke candi borobudur ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya liburan keluarga di yogyakarta. Perjalanan dari jogja menuju candi borobudur sekitar 45 menit, dengan rute jogja-sleman-muntilan-borobudur. Kawasan wisata candi borobudur selain wisata candi, ada juga kereta mobil yang mebawa pengunjung keliling mengitari halaman candi. Selain itu juga tepat di jalan turun/keluar dari candi disediakan beberapa ekor gajah untuk ditunggangi oleh anak2.

Di kawasan candi juga terdapat museum yaitu museum borobudur dan museum kapal samudraraksa, setelah itu pasar tempat menjual souvenir. Yang jelas disana panas banget, makanya jangan lupa bawa topi dan payung.

Mengenai Borobudur:

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah g

unung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

Sir Thomas Stanford Raffles menyingkap keberadaan Borobudur pada tahun 1814. Ia menemukan candi tersebut dalam keadaan terbengkalai dan memerintahkan area sekitarnya untuk dibersihkan dari semak belukar dan selanjutnya dilakukan survey atas keadaan candi Borobudur.

Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk b

ujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.

Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut

Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.

Wisata Tradisional, Jalan-Jalan Naik Becak

jalan-jalan naik becakJalan-jalan naik becak bisa menjadi wisata yang murah dan menyenangkan. Becak merupakan alat transportasi tradisonal, di kota metropolitan kehadirannya sudah dilarang. Beruntung disini masih banyak becak, lalu lintas belum begitu padat dan belum banyak polusi udara.

Hari minggu yang lalu saya mengajak kedua anak saya Ocha (6 th) dan Lulu (1 th) jalan-jalan ke mal. Tidak seperti biasanya saat itu kita pergi jalan-jalan naik becak. Kebetulan Ayah sedang ada pelatihan di Bogor, jadi ga ada yang nganter. Kami berangkat sekitar jam 10 pagi, tidak sulit mencari becak disekitar rumah. Kadang masih ada beberapa yang lewat di depan rumah, namun bila tidak ada kita jalan sekitar 50 meter menuju jalan protokol dan disana sudah ada beberapa becak yang menunggu penumpang.

Naik becak saat itu merupakan pengalaman pertama bagi anak saya Lulu, terlihat sekali dia begitu senang. Dia berusaha mengucapkan sesuatu untuk mengekspresikan rasa senangnya sambil sesekali mengangkat tangannya. Ocha meski ini bukan yang pertama namun dia juga sangat enjoy menumpang becak.

Sesampainya di mal kita hanya jalan-jalan saja, kemudian singgah di salah satu waralaba untuk makan siang. Selesai makan kita kembali ke rumah, naik becak lagi. Namun dipertengahan jalan tiba-tiba hujan gerimis. Tukang becak menutupkan plastik agar kami tidak kehujanan. Tapi ada satu hal yang sangat lucu. Ternyata Lulu ga suka kalo becaknya ditutup, sebab selama perjalanan dia sangat menikmati suanana jalan. Dan ketika becak ditutupi plastik otomatis dia kami tidak bisa melihat apa-apa. Dia berteriak sambil berusaha membuka plastik penutup tersebut.

Akhirnya sampai juga di rumah. Ternyata refreshing tidak harus mengeluarkan biaya mahal atau pergi ke tempat-tempat rekreasi. Menikmati suasana kota dengan naik becak bisa menjadi alternatif yang menyenangkan bagi anak-anak. Dan becak disatu sisi memang bisa mengganggu kelancaran lalu lintas, namun disisi lain becak sangat ramah lingkungan dan mengurangi beban polusi kota. Bayangkan kalo di hari minggu seperti itu orang beraktivitas tanpa kendaraan bermotor, bisa jalan kaki, sepeda, atau becak. Wah pasti akan sangat membantu mengurangi Global Warming……