Gizi dan manfaat susu kedelai

Menurut penelitian susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaat di dalamya, selain sebagai pengganti susu sapi, bahkan jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula yang kencenderungan mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak-anak. Kandungan dan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai adalah:

* Protein, berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, penambah imunitas tubuh. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino (lesitin / HDL, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin). Protein yang terkandung dalam kedelai diketahui kaya akan asam amino arginin dan glisin yang merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh kita.

* Lemak Nabati, Sangat baik untuk tubuh manusia.

* Karbohidrat, sebagai sumber energi atau tenaga didalam tubuh

* Serat / fiber, berguna untuk system pencernaan dalam tubuh.

* Vitamin A, pada biji kedelai berasal dari karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A, membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.

* Vitamin B1, Vitamin B1 atau yang sering disebut tianin sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi

* Vitamin B2, isebut jugaflavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, bail susu sapi susu manusia, maupun susu kedelai.

* Vitamin E, melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, menegah impotensi, keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur, dan sebagai antioksidan. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya

* Mineral, berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Selain itu, mineral juga berfungsi dalam proses reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa.

* Polisakarida yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan), Asupan susu kedelai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang melebihi batas normal tersebut, sehingga sangat membantu mengendalikan penyakit gula.

* Isoflavon, Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid. Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Seorang peneliti Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 50-100 mg perhari. fungsi isoflavon itu bagi tubuh adalah untuk :

o Melancarkan metabolisme
o Melancarkan pencernaan
o Merupakan nutrisi pelengkap
o Meningkatkan sistem imunitas
o Memperkuat strukturmatriks tulang
o Menstabilkan tekanan darah
o Menurunkan kadar kolestrol darah
o Menstabilkan kadar gula darah
o Mencegah obesitas
o Mencegah penyakit ginjal
o Mengurangi gejala jantung koroner (kardiovaskuler)
o Mengurangi gejala stroke
o Mengurangi gejala rematik dan asam urat
o Mengurangi gejala maag
o Menghilangkan rasa lelah dan lesu
o Mengurangi gejala symptom menopause
o Memperlambat penuaan sel
o Mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostate
o Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif

* HDL (Kolesterol Baik) LDL (Low Density Lipoprotein) bersifat sangat mampu untuk membuat proses pengapuran pembuluh darah. Karenanya dikenal sebagai kolesterol jahat.HDL (High Density Lipoprotein) bersifat sebaliknya yaitu menahan proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan kolesterol didalam pembuluh darah, lalu membawanya ke lever dan selanjutnya dibuang melalui empedu. Oleh karenanya HDL dikenal sebagai kolesterol baik.Sebetulnya yang harus selalu di perhatikan terlebih dahulu adalah kadar kolesterol total yang harus senantiasa di jaga jangan lebih dari 200 mg % Barulah apabilah seseorang mempunyai kadar kolesterol yang selalu normal, maka sebaiknya harus dilihat lagi kadar HDL nya.

* Kalsium adalah salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair, di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi Kalsium Merupakan mineral yang sangat penting yaitu
o Pengaruh Neurotransmitter, peredaran darah dan fungsi otot urat
o Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporsis)
o Membantu peredaran darah secara normal
o Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot
o Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus.

About these ads

103 Tanggapan

  1. Apakah tidakada efek samping dalam penggunaan susu kedelai ini.

  2. Sejauh ini belum ditemukan efek samping negatif dari konsumsi susu kedelai yang ada badan jadi lebih sehat aja.

  3. Dari sebuah milis, soal kebenarannya mari bareng bareng kita cari data pembandingnya…

    Silahkan sampaikan informasi ini ke temen temen cewek anda……Sesuatu yang perlu dicatat. Ini adalah kisah nyata ku, tidak ada yang diganti (dilebih-lebihkan atau dikurang kurangi). Ini semua adalah kenyataan, karena berhubungan dengan pengalaman saya sendiri, pendapat saya didasarkan pada apa yang telah saya baca dan rasakan.
    Semua ini sayamaksudkan untuk memperingati para wanita muda yang sadar akan kesehatannya supaya tidak secara bodoh merusak dirinya sendiri.
    Pada tahun 1989 saya lulus SMA di Texas dan akan pindah ke kota untuk masuk perguruan tinggi. Salah satu perubahan yang ingin saya lakukan adalah makan makanan yang lebih sehat. Setelah saya pindah ke Austin , Texas , kota yang sadar akan arti kesehatan, saya mulai membangun tubuh saya dengan mengkonsumsi makanan terbaik dan tersehat yang dapat saya temukan. Tahu merupakan menu utama dalam makanan saya dan saya membeli susu kacang hampir setiap hari.
    Saya mengkonsumsinya sebagai campuran cerial atau hanya meminumnya begitu saya sebagai makanan tambahan. Saya membeli muffin yang terbuat dari sari susu kacang, miso soup (sup jepang)dengan tahu, kacang kedelai, atau kecambah dari kacang kedelai, dsbnya. Semua literatur dalam majalah kesehatan dan kebugaran mengatakan bahwa susu kacang dapat mencegah dari sakit jantung sampai kanker payudara. Hal itu karena disebakan oleh isoflavone (kandungan ajaib dalam kacang kedelai), sejenis hormon estrogen, yang membantu bekerja untuk membuat kamu tetap sehat dan awet muda. Saya kelihatan sehat sekali dan saya selalu berolah raga tetapi siklus haid saya terhenti. Pada umur 20, saya mulai makan pil KB untuk membuat siklus haid saya teratur. Selain itu saya juga mengalami kesakitan setiap kali memperoleh haid. Tubuh saya mulai gendut seolah olah otot saya jadi lembek. Saya mulai menderita depresi dan mudah marah.
    Saya menyalahkan PMS (Post-Menstruasi) sebagai akibat haid saya yang datang tak beraturan. Sewaktu saya berumur 25 tahun, mens saya begitu buruknya sehingga saya tidak bisa berjalan. Pil KB tidak lagi bisa membuat haid saya teratur atau mengurangi rasa sakitnya sehingga saya berhenti meminumnya.
    Hal ini berlangsung hingga 2 tahun sampai saya menyadari bahwa rasa sakit ini tidak lazim. Pada umur 27, dokter kandungan menemukan 2 buah kista
    dalam kandungan saya. Keduanya berukuran sebesar bola tennis dan saya melakukan operasi untuk menghilangkannya.
    Untunglah keduanya tumor jinak. Ahli kandungan tersebut menyarankan saya makan pil KB lagi tapi tidak saya lakukan. Pada tahun 1998, dia
    (dokter kandungan) menemukan benjolan di payudara saya. Lagi lagi saya lakukan operasi dan lagi-lagi tumor jinak.
    Pada tahun 2000, kelenjar saya membengkak dan gusi saya meradang. Karena saya berpikir saya mengalami infeksi gigi, saya pergi ke dokter gigi yang mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan gigi saya.
    Setelah makan sejumlah obat antibiotik, bengkaknya tidak kempes.
    Pada saat ini saya meraskan adanya satu benjolan kecil pada leher bagian kanan saya. Saya ceritakan pada Ibu saya bahwa saya ada masalah dengan
    amandel saya. Dia menganggap saya mengada ada karena keluarga kami tidak ada yang amandelnya ada masalah.
    Sewaktu benjolan tersebut makin besar saya menemui seorang spesialis yang mendinogsa benjolan tersebut sebagai Papillary Thyroid Carcinoma. Setelah beberapa test, ternyata itu adalah kanker.
    Saya dan tunangan saya sangat terkejut. Kami tidak siap dan saya sangat takut. Segera kami menjadwalkan operasi.
    Dokter spesialis tersebut mengatakan bahwa hanya setelah operasi ahli patology baru dapat menetapkan apakah itu kangker atau bukan. Mereka menemukan sebuah tumor di sebelah kanan bagian belakang amandel saya yang terdiri dari sel yang tak beraturan dan juga sebuah tumor lain di sebelah kiri sehingga seluruh amandel (tonsil) diangkat. Mereka mengatakan bahwa setelah mengalami iodine radioaktif saya akan selamat dan berumur panjang.
    Setelah pengobatan, saya mulai mencari apa penyebab semua ini. Tidak pernah sedikitpun terbersit dalam otak saya penyebab semua ini adalah sari kedelai yang saya konsumsi selama hampir 10 tahun. Lagipula, sari kedelai itu sehat. Saya secara tak sengaja menemukan website yang menghubungkan antara amandel dan konsumsi sari kedelai dan persekongkolan yang memasarkan sari kedelai sebagai makanan sehat, yang mana sebenarnya tidak lain adalah sisa olahan beracun dari industry minyak sayur. Ini benar benar gila.
    Tidak ada majalah kesehatan dan kebugaran yang mengatakan bahwa soya itu berbahaya. Saya mengunjungi herbalist yang didianogsa mengalami kanker amandel di tahun 1985. Dia mengatakan bahwa soya adalah penyebab semua itu. Dia mengalami pengangkatan kandungan karena adanya kista dan masalah kandungan yang lain.
    Beberapa bulan kemudian rekan yang lain yang juga mengkonsumsi soya mengalami kanker amandel. Seorang gadis di Inggris yang saya jumpai melalui internet dalam suatu forum kanker amandel juga baru saja mengalami operasi dan dia baru berumur 19 tahun. Apa yang terjadi?
    Kanker payudara dihubungkan dengan estrogen. Yang berfungsi seolah-olah estrogen adalah SOYA. Tetapi saya tidak pernah mencurigai soya sebagai penyebab karena sampai sekarang saya tidak pernah menemui artikel yang menyatakan soya bisa berbahaya.Para wanita yang mengkonsumsi soyasebelum mengalami masalah tonsil akan terus mengkonsumsinya setelah itu apabila mereka tidak sadar apa yang dapat disebabkan soya, apa aja kandungan soya dan bagaimana reaksinya terhadap tubuh wanita.
    Menurut saya ini adalah salah satu alasan mengapa wanita yang mengalami kanker amandel akan mengalami kanker payudara juga nantinya. Teman sekerja saya yang pencinta berat soya rambutnya mulai rontok dan menjadi gemuk meskipun dia terus olahraga selama jam istirahat dan setelah jam kerja, dan hanya makan apel dan jeruk untuk makan siang. Dia
    baru saja mengangkat kista dalam kandungannya. Saya memperingati dia supaya berhenti minum soya dan mennghubungkannya dengan websites tetapi sampai masalah ini masuk berita malam di 4 station TV, wanita akan
    tetap menderita. Semenjak adanya masalah dengan tonsil saya, selama 2 tahun terakhir ini saya tidak pernah menyentuh soya.
    Hai para pembaca, mohon gunakan cerita saya ini sedapat mungkin untuk memperingati para wanita muda yang berpikir bahwa mereka akan lebih sehat dan awet muda dengan mengkonsumsi soya. Sangat tidak fair
    apabila informasi mengenai bahaya soya tidak disebarkan.
    Banyak mereka disana yang mengalami hal ini dan adalah pukulan yang berat apabila anda mengetahui bahwa anda tak sesehat yang anda kira dan informasi yang anda harapkan adalah salah !
    Buat Cewek harus BACA!!!!!
    Buat Cowok, buat pengetahuan aza…..
    Tolong diforward lagi ke cewek yang dikenal..

    • oalah gusti,,,gusti,,,itu penyakit bukan karena soya,,tapi karena cara berpikir anda yang salah,,,,

      • saya jd ikut takut mengkonsumsi susu kedelai lg…
        pdhl saya sering buad sendiri dirumah…

    • pak markus kenapa anda sembunyi setelah menerima begitu banyak tanggapan yang tidak membenarkan alasan anda tentang susu kedelai.

    • Y makanya Pak, klo minum susu kedelai bikin sendiri aja. Klo beli produk pabrik bisa jadi kurang terjamin kualitasnya… Jadi saya pikir, yang berbahaya bukan susu kedelainya. Tp Bpk sendiri yg terlalu banyak mengkonsumsi minuman olahan pabrik…. Klo mau berpola hidup sehat itu, lbh baik masak makanan n minuman buatan sendiri, jd lbh higienis. Jd ga perlu juga jauh2 pindah ke Texas, klo makanan n minumannya buatan pabrik semua, y percuma. Mending hidup di Indonesia, di pegunungan yg jauh dr polusi n semua makanan minuman bikin sendiri, heheheh….

  4. Maaf mengganggu, setelah saya membaca artikel saudara markus di atas, saya tergerak untuk mengetahui kebenaran cerita tersebut. Akhirnya sy coba mencari situs resmi yang berisi mengenai kebenaran cerita tersebut. Beberapa kali sy coba ternyata sampai saat ini saya belum menemukan situs resmi yang memuat cerita tersebut. Semua yang menmpilkan cerita diatas diawali dari “cerita dari milis” tampa ada sumber penulis aslinya.
    Alangkah lebih baiknya bila kita memiliki berita agar mencantumkan source atau penulis aslinya. Sehingga tidak hanya cerita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
    trima ksh

  5. saya beri gambaran logis saja,
    Bangsa kita kan terkenal dengan tahu dan tempe nya. bahkan saya dan keluarga tingga di KotaTahu Kediri. jadi makanan sehari hari saya ya tahu, yang notabene bahan dasarnya adalah kedelai.
    Alhamdulillah sampai saat ini di Kota Kediri saya belum mendengar ada orang yang menderita kanker karena kedelai tersebut.
    orang tua saya sampai buyut saya, semua adalah orang Indonesia asli yang makanan sehari-harinya nasi, tempe dan tahu.

  6. gini ya pak Markus

    beberapa jenis kanker, mempunyai hubungan dengan estrogen
    kanker payudara dan ovarium, itupun hanya sebagian kecil saja
    dan bukan faktor sebab akibat

    soya mengandung kandungan estrogen alami sedikit lebih tinggi daripada bahan lain namun lebih tinggi ini bukan dalam arti tinggi

    yang berbahaya justru adalah hormon2 sintetik dalam kontrasepsi yang kadar kekuatannya ribuan kali hormon estrogen alami

    menurut saya cerita dalam milis tersebut terlalu menghubung2kan dan amat tidak tepat

  7. Masa sih?? sejauh ini saya masih percaya dengan khasiat dan manfaat kedelai. terutama jika ditanam dan diolah secara organik. menurut saya, kita harus lebih selektif dalam konsumsi makanan. bisa jadi kita anggap sudah sehat, tapi ternyata banyak kandungan dalam makanan yang merusak tubuh kita. seperti pestisida, pewarna, pengawet,dsb. marilah lebih cermat dalam melihat. GET ORGANIC LIFESTYLE!!!!!!!!

  8. […] Gizi dan manfaat susu kedelai […]

  9. […] By atung1609 Gizi dan manfaat susu kedelai […]

  10. ada ada saja panjenengan… jangan jangan ada benci kedelai,, karena anda petani delai yang gagal ya…

  11. kalau saya, semakin bervariasi makanan yang kita konsumsi semakin baik..karena semua makanan itu bagus, dan pasti bermanfaat. yang penting jangan berlebihan aja…

  12. ada apa ini?!

  13. I like it…..

  14. met malam..
    maw tanya..bagi anak cewek yang memiliki problem jerawat,apa baik minum susu kedelai?
    antara susu delai dan susu sapi bagus yang mana?
    karena anak ini tidak boleh mengkonsumsi ayam, lemak, telor, minyak2, sambal. kalau mengkonsumsi itu, jerawatnya bertambah parah.
    jadi bagaimana ya?bagus mana antara susu delai dan sapi?
    selain itu apa susu kedelai baik di konsumsi bagi para cewek yang lagi berdiet?
    takarannya berapa ml?
    konsumsi sehari jam berapa?pakai gula berapa?
    komposisinya bagaimana?
    terima kasih ..mohon di balas

    • Setau saya masalah jerawat pada wajah bisa jadi karena Buang Air Besar tidak lancar (sembelit). Coba ditanyakan BAB nya rutin tiap hari ngga..?

      Kalau terjadi sembelit maka solusi untuk masalah jerawat pada wajah adalah dilancarkan BAB nya. Bisa dengan mengkonsumsi jus buah (apel+pepaya+nanas). Minum tiap pagi sebelum sarapan selama 1 pekan.

      Penyebab lainnya dari masalah jerawat adalah banyaknya toksin dalam darah (darahnya kotor). Untuk membersihkannya bisa dengan cara Detoks, Bekam, konsumsi olive oil dan makanlah makanan yang kaya akan nutrisi serta serat. Hindari dan jauhi makanan yang banyak mengandung kimia sintetis.

      Semoga bermanfaat..:-)

  15. @ adinx kalo masalahnya emang alergi makanan tdk ada cara lain kecuali menghidari. kalo masalahnya ada pada pencernaan sebaiknya lakukan detox dulu, untuk mengeluarkan racun2 ditubuh yg bisa jd menyebabkan jerawat dimuka.

  16. susu kedelai memang baik sekali untuk kesehatan adapun cerita-cerita yang menyeramkan itu hanya kebohongan belaka, maklum orang tersebut kurang perhatian dalam hidup dia makanya sampe ngemis-ngemis minta perhatian di dunia maya ini.

    Go Organic….susu kedelai emang OK

    • yup, klo menurut sy..itu memang berlebihan..hny sekedar cari sensasi.. klo mang betul, mana hasil tes medisnya.

  17. saya juga suka dengan susu kedelai. kemarin diceritain oleh teman kampus tentang susu kedelai bisa menyebabkan kista pada payudara, akhirnya searching dan sampai di blog ini. Hmm, ada-ada aja yah..

    • Susu kacang kedelai memang bisa menyebabkan kanker klo kedelai nya BUKAN kedelai organik . ( Mgkn ud terkena pestisida dan Obat2 yang tidak sehat).
      Maka nya sebaik nya pakailah kedelai organik , biasanya kedelai lokal dr indonesia. Klo mau lebih sehat bisa tanam sendiri hehehehheheeh. Semoga berguna

      • kalau mau sari kedelai yang sehat minum sari kedelai yang buatan industri rumah tangga.tanpa bahan pengawet.setahu saya sari kedelai yang murni it maksudnya yang tanpa bahan pengawet tidak akan lama tahannya di bandingkan buatan pabrik yang lebih tahan lama..,

  18. berapa banyak jumlah kandungan gizi(protein,karbohidrat,lemak,vitamin)yang terdapat dalam susu kedelai?????thanks

  19. maaf, sepertinya p. markus terlalu memvonis kedelai tanpa dasar dan penelitian ilmiah yang spesifik.
    banyak varian produk makanan yang dibuat dari kedelai dan dikonsumsi secara massal oleh khalayak ramai sejak dahulu kala.
    saya sendiri membuat susu kacang kedelai sejak penyakit susah BAB yang saya derita sembuh karena mengkonsumsinya tiap hari dengan rutin.
    saat ini banyak susu soya yang dikonsumsi bayi atas anjuran dokter anak terkait dengan masalah pencernaan mereka. Ada komentar lainnya pak?

    • Hi semuanya..jgn lgs percaya dgn org yg nulis milis2 gt d..kt hrs kritis.. Kl benr soya dpt menyebabkan efek samping spt itu..knp hny 1 org yg testimony spt itu, yg lain toh ok2 n mendukung soya..negara jepang plg byk mengkonsumsi soya(miso soup) buktinya org jepang umurnya pd panjang-panjang tuh.. Kl dr cerita ce itu..dia mengkonsumsi pil KB dlm wkt yg panjang di usia yg msh
      aktif menproduksi hormon…yah wajar kl bs kena hypertiroid n lain2nya..tq

  20. pak markus,,kasian dong pedagang2 yang jualan kedelai rebus..soalnya saya juga penggemar kedelai dan segala produk olahannya..daripada makan junkfood..iya gak??masalahnya saya anak seorang petani kedelai juga pak….kasian dong bapak saya,,ntar kedelai bapak saya gak da yang beli…kan sekarang lg musim ekonomi pro rakyat…

  21. kedelai dan produk olahannya emang tooppp

  22. saya jg sering mengkonsumsi susu kedelai tapi dengan mengolahnya sendiri, Diblender, disaring lalu direbus, tambah gula sedikit.. dan saya berikan juga pada anak2 saya…. menurut anda apakah kandungan gizi produk kemasan lebih baik? atau yang alami seperti yg saya konsumsi yang lebih baik? Soalnya saya ragu juga dengan produk kemasan karena biasanya diberi pengawet dan bahan2 tambahan lain yang kita tidak tahu.

  23. kalo produk organic gak pake pengawet bu jadi lebih aman di konsumsi

  24. Untuk Pak Markus, pak apakah cerita bapak bisa diuji kebenarannya?
    Karena semuanya butuh fakta & bukti2 hasil lab yang jelas & lengkap pak..
    Lagipula, saya dari dulu juga pecinta soya..
    Keluarga saya, mereka semua pecinta soya..
    Mama saya, dulu waktu mengandung saya, sering minum susu soya & makan makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, dan tahwa..
    Ahasil, saat saya dilahirkan, kulit saya bersih & hingga saat ini saya termasuk wanita dengan kulit yg putih, padahal ayah saya kulitnya sangat hitam..
    Dan lagi pak, mengenai diet..saya sudah membuktikan sendiri, saya mencoba diet sehat dengan hanya mengkonsumsi susu soya & sayur2an serta buah..
    hasilnya, dalam 1 bulan berat badan saya bisa turun sebanyak 5 kg & kulit saya menjadi sangat halus & bersih..
    Lagipula, pertanyaan terakhir saya, jika memang susu soya menyebabkan sakit ini & itu, mengapa jika minum green tea latte di starbuck, jika menggunakan susu soya harganya 5000 lebih mahal daripada menggunakan susu sapi? :)

    • Dear pak markus..
      pak apa penyakitnya t gak berlebihan ya…
      masa sepertinya kebetulan sekali penyakit2 yang timbul..dr kanker,benjolan,amandel,kista dllnya dateng semua..
      itung2 berapa kali operasi tu…
      mustahil amet 1 tubuh mengalami begitu banyak penyakit….

  25. Oya, ingin menambahkan lagi..
    Dulu saya termasuk wanita dengan jadwal haid yang tidak rutin..bahkan pernah, sebulan saya tidak mengalami haid..
    dan pada bulan berikutnya saat mengalami haid, perut saya rasanya seperti disayat-sayat..
    Namun semenjak minum susu kedelai, siklus haid saya menjadi normal..dan pada saat datang, perut saya tidak sakit lagi..
    selain itu, berbagai keuntungan lainnya yang diperoleh dengan mengkonsumsi susu kedelai adalah, kulit saya menjadi bersih & cerah :)

    • makasih ibu maria atas infonya

    • saya stuju dengan mba maria…jangan suka su’udzon dengan sesuatu yang banyak manfaatnya. Tidak ada yang Allah ciptakan berupa apapun, kecuali bermanfaat. tinggal bagaimana kita berprasangka terhadap ciptaan tersebut dengan cara yang benar.

  26. Skr, sy sdg hamil dan dokter menyarankan unt rutin minum sari kedelai dan kacang hijau. Dg harapan baik unt perkembangan janin. Masa dokter sy bohong sìh? Bisa2 dituntut org se_Indonesia mkin se_dunia juga kalo dokter bohong.

  27. gw dapet kata2 markus diatas dari http://www.judycole.co.uk/soya_warning.htm yang terjemahan bahasa inggris. penadapat gw tentang susu kedelai, Tuhan tidak menciptakan segala sesuatu dengan sia2, jadi semua tergantung dari kitanya juga, dan yang pasti segala sesuatu yg di konsumsi secara berlebihan juga akan jadi berdampak buruk bagi kesehatan, walaupun sebenarnya itu baik bagi tubuh. dan ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi makan/minuman secara rutin ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. dan untuk keputusan yang harus diambil adalah keputusan dari kita sendiri. jd baik atau buruk hasilnya itu berdasarkan dari kita sendiri. selamat menjalankan hidup yang sehat secara rohani dan jasmani GBU all ^o^

  28. terimakasih informasinya..

  29. yamii,selain banyak manfaatnya susu kedele dpt mengigat daya ingat lansia yg sering lupa

  30. aku suka susu kedele wuuuuuuu! mantap susu kedele susu no 1 apa lagi susu kedele yang langsung dr asalnya dan diproses serta meliahat sendiri cara membuat susu kedelai dan alangkah bagusnya kl kita ikut membuat san meminumnya

  31. minum susu kedelai emang menyehatkan…dan bikin kulit jadi halus..

  32. Baguskah manfaat susu kedelai buat merencanakan kehamilan ?

  33. yang penting gak gampang terpengaruh lah… yang sudah sering mengkonsmsi soya, lanjutkan!!!… jangan berhenti hanya karna info yang belum tentu benar apalagi sampai mengada-ada….. bravoo untuk penggemar kedelai….

  34. kedelai merupakan tanaman yang mempunyai protein lebih banyak dari tanaman lain yaitu 40% alangkah baik nya dikonsumsi sejak dini terutama pada anak yang akan menginjak dewasa sehingga pertumbuhan mereka akan lebih….lwr saxe our chid.thanks for your attention…..

  35. kedelai merupakan tanaman yang mempunyai protein lebih banyak dari tanaman lain yaitu 40% alangkah baik nya dikonsumsi sejak dini terutama pada anak yang akan menginjak dewasa sehingga pertumbuhan mereka akan lebih….let save our chid.thanks for your attention…..

  36. kedelai merupakan tanaman yang mempunyai protein lebih banyak dari tanaman lain yaitu 40% alangkah baik nya dikonsumsi sejak dini terutama pada anak yang akan menginjak dewasa sehingga pertumbuhan mereka akan lebih….let save our chid. and which you love their …soo what do you wiait c.mon do it.thanks for your attention…..

  37. Thanks infonya

  38. Ada segi negatif dari susu kedelai, menurut info yang saya baca susu kedelai bisa menghambat kesuburan sperma pada pria, nah lho…….

  39. Salam kenal buat ibu …senang bisa ketemu juga ama blogger dari kediri. tapi kebetulan sekarang sy masih di medan. Mudah-mudahan kita bs silaturahmi kalo saya udah pulang ke kediri nanti yah…
    artikelnya sangat membantu, karena di sini adik saya sedang merintis usaha susu kedelai.

  40. saya penderita asam urat (hasil lab dalam darah asam saya mencapai 10) bolehkan mengkonsumsi SOYA? Padahal penderita asam urat tdk boleh makan kacang2an….!

  41. yg pnting paSrah z…………….xlo mMang suka gmN..

  42. Hallo Pak/Bu Markus….yang punya cerita itu siapa sih….kasih tau kita dong biar jelas sumber beritanya….
    Udah banyak tuh yang kasih komen beda pendapat dgn Anda…..mana tanggapannya? Kalo emang punya niat baik ayo dong paparkan dengan cara yg baik pula…..atau mungkin sedang riset; cari2 info..??? Lama amat!!!! Udah hampir dua tahun nih…..ditunggu loh Pak/Bu..!!!

  43. jd pnendt mngkonsumsi susu kedelai….:-)

  44. mau nanya nich susu soya sebaiknya di berikan d usia berapa ya ?

  45. mau nanya susu kedelai sebaiknya d berikan pada usia brp ?

  46. Kalo ini gak bohong…!! Saya juga penggemar susu kedele. Setiap hari saya mengkonsumsi susu kedele yang saya buat sendiri. Memang saya akui khasiatnya, lingkar pinggang saya menyusut, kulit saya jadi lebih cerah dan halus, saya merasa sangat sehat dan segar. Namun saat check up berkala, asam urat saya naik drastis, dari 4,5 menjadi 7,5. Dokter menganjurkan saya untuk menghentikan atau mengurangi konsumsi susu kedele. Setelah saya coba hentikan konsumsi susu kedele ternyata asam urat saya kembali normal. Saya sempat menghentikan konsumsi susu kedele sama sekali. Namun karena saya sangat suka, saya kembali mengkonsumsinya. Kali ini saya membeli dari pedagang yang saya percayai membuat susu kedele tanpa campuran apapun (tetangga saya). Ternyata walaupun ada dampak tapi sedikit sekali, asam urat saya masih dalam batas normal (di bawah 7). Analisa saya mungkin saya terlalu kental membuatnya. Campuran tetangga saya itu 1 kg kedele untuk 10 air.

  47. wahhh saya minumin susu kedelai organic nihh wat program kehamilan

  48. GIZI DAN MANFAAT SUSU KEDELAI TERNYATA BAGUS UNTUK KESEHATAN,CIPZ TIPS YANG BAGUS UNTUK PARA PEMBACANYA,,

  49. Tananam kedelai prodak yang sudah lama di tanam di indonesia….bahkan sampe sekarang kedelai masih unggul sebagai tanaman yg harus dikembangkan……mantan menristek aja prnah menganjurkan makan kedelai..wong saya juga suka kedelai kata beliau……jaman Presiden Suharato waktu itu…..JADI…buat bung markus silakan berargumen yg negatif tentang susu kedelai….namun stekmen anda tersebut harus bisa di pertanggung jawabkan..kebenaranya.malulah sedikit kerna anda dituduh sebagi pengedar berita yg tak jelas……kalo mau cari sensai boleh az tapi jgn dari masalh kedelai yg oran indonesia sendiri mengeri manfaatnya….tks By..ARI kalteng

  50. Masa’ sih sari kedelai begitu berbahaya? Yg aku tau mengkonsumsi sari kedelai tiap hari bagus untuk kulit terbukti aku sdh 15th minum sari kedelai setiap pg untuk sarapan pengganti susu hasilnya kulitku jd kenyal dan lebih cerah cewek mana yg g ingin punya kulit spt aku,, jd utk para cewek aku sarankan minumlah sari kedelai

  51. jadi bingung nih…ada yang bilang positif …ada yang bilang negatif dari mengkonsumsi susu kedelai…
    saya baru satu minggu ini teratur mengkonsumsi susu kedelai, tapi dengan adanya kontroversi dari susu kedelai ini, jadinya bingung apakah harus tetap lanjut atau tidak…

  52. […] Air susu dari biji Tumbuhan (Subhanallah) […]

  53. Aapkah ada efek samping susu kedelai pada orng yang umurya 50 tahun keatas??????

    harap balas ya…..

  54. Betul apa yg d katakan p.markus bhwa soya brbahaya, dr pngalaman teman2 sy d kediri yg telah bnyk menkonsumsi soya mereka pnya keluhan penyakit yg sama,penyakhtnya adalah ‘ketagihan’ karna rasanya yg uueenaak…jd pngen nambh trus…peace :)

  55. cerita pak markus kurang ilmiah, memvonis sepihak terhadap soya, padahal belum tentu orang yg di ceritakan tu bener-bener bebas bahan kimia ataupun bebas radiasi, bisa jadi justru krn konsumsi obat pil KB yg tidak terjamin oleh pemerintah, dan kebiasaan-kebiasaan lain yg tidak sehat seperti doyan mengkonsumsi sayuran mentah untuk lalapan, tu kan mudah banget memicu kista. jadi jgn suka membuat statement yang gak jelas n gak terbukti secara ilmiah. OK??!!!!!!!

  56. saya juga konsumer susu kedelai… bagi saya hal itu sangat baik tetapi memelihara kesehatan tidak hanya bergantung pada susu kedelai, alangkah baiknya jika mengkomsumsi makanan yang lain, karena tubuh sangat kompleks membutuhkan gizi dari berbagai buah dan makanan lainny. terkadang makanan terlalu sehat dan bersih tidak menjamin kesehatan berada di point tertinggi. bagi saya berusaha menjalani dengan alami dan tidak terlalu memaksakan mengkonsumsi makanan yang terlalu bergizi adalah hal yang baik… just natural.. jika ingin merawat diri setiap hari, mengkonsumsilah dengan dosis yang tidak berlebihan, pastilah menghasilkan efek yang positif, hasilny memang lama tapi memuaskan dan tidak bersifat sementara lho!!!!

  57. Cerita diatas keliatannya berlebihan tuh … Kena kanker gara2 mengkonsumsi kedelai… Saya malah dianjurkan dokter untuk membuat sendiri dan mengkonsumsinya setiap hari, hasilnya sekarang saya ga jerawatan dan haid jg lancar …

  58. susu kedelai bisa menyebabkan gemuk tidak?

  59. sekedar info saja, 2 tahun yang lalu saya di vonis menderita fatty liver dan sudah berobat namun Gamma GT terus di kisaran 150 – 200 (tidak normal) dan alhamdulillah dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai setiap pagi selama kurang lebih 1 tahun Gamma GT saya turun hingga berada di kisaran 15-25 (normal). menurut saya, susu kedelai lebih baik di buat sendiri, jangan beli yg kemasan.
    ditambah olahraga, makan sayur, buah-buahan, banyak minum air putih, berpikir positif, selalu berdoa dan tidak stress, saya merasa tidak ada masalah dengan SUSU KEDELAI.

    • Saya baca di internet katanya susu kedelai bisa meningkatkan kadar estrogen sehingga bisa berakibat impotensi pada pria dan merangsang kanker payudara pada wanita, apakah benar demikian?

  60. Lah yang saya heran, bude saya baru saja operasi pengangkatan payudara krn sudah stadium dua, dan setelah itu banyak habit yang harus dihilangkan salah satunya mengganti kebiasaan minum susu nonfat dgn susu kedelai….jadi?

  61. di tulisan p.markus ada kalimat bgini ya “Saya secara tak sengaja menemukan website yang menghubungkan antara amandel dan konsumsi sari kedelai dan persekongkolan yang memasarkan sari kedelai sebagai makanan sehat, yang mana sebenarnya tidak lain adalah sisa olahan beracun dari industry minyak sayur. Ini benar benar gila.”
    y klu mengkonsumsi sisa olahan beracun selama 10 tahun ya jelas gk tertolong lah pak,pak.

    • pendapat iis sangat masuk akal…klo yang bersangkutan ternyata mengkonsumsi sampah tersebut….yah pasti berakibat buruk….
      jika mengkonsumsi susu kedelai yang sehat pastinya tidak ada efek samping yang buruk yang akan dialami…

  62. amankah wanita hamil mengkonsumsi susu kedelai?

  63. yg jelas sari kedelai yg baik adalah sari kedelai yg tdk memakai bahan pengawet…..,

  64. Itu fitnah! Sungguh kejam anda pak markus,menuduh yg tdk2!!
    Pnybb pnykit anda bukan krn kedelenya,tp krn bhn kimia yg ada pd kdele yg anda makan,krn itu kedele pabrikan yg sdh psti tdk murni.

  65. klo cari sensasi jgn keliatan bodohnya pak markus..wkwkwkwkwk

  66. mau tahu manfaat alga jepang, kunjungi blog saya…

  67. Markus…markus……kamu ga pernah baca firman bahwa Tuhan sendiri menyarankan manusia makan dari biji-bijian……lah teman kamu itu kebanyakan makan pengawet dan bahan kimia lalu pil KB….walah…walah….kok yang disalahin kedelainya….bodo banget siiih…..??

  68. suami saya kena kanker usus stadium akhir, malah disuruh ganti susu skim nya dengan susu kedelai. keponakan saya kena autis tidak boleh minum susu sapi malah disarankan susu kedelai. saya sendiri sudah punya anak dua, tapi kata orang saya seperti gadis yg belum menikah, langsing dan bersih padahal sya minum susu kedelai cuman dua kali sehari. Pak markus ada2 saja.

  69. tetep percaya qalo susu kedele emang bagus buat kesehatan, apalagi qalo dibuat sendiri dan mengonsumsi nya pake bismilah

  70. Maaf pak.
    Kok makanan dikambing hitamkan.
    Kalo sulai penyebab penyakit. Jadi orang indonesia penyakitan dong. Kenyataanya nggak tuh. Malah sebaliknya.

    Mungkin banyak dosa kali pak.

  71. hai muanya q diga q pngn tnya, apakah sari kedelai bisa menambah tinggi badan?? apakah susu kedelai mengandung kalsium yang cukup untuk pertumbuhan tulang??

  72. terima kasih atas informasinya tentang manfaat susu kedelai semoga bermanfaat bagi saya.

  73. kalau kita muslim engga usah takut sebelum minum baca bismillah dan yg paling utama beli sari kedelainya pakai uang halal,dijamin sehat.karena kalau uang haram ini merusak sistem kekebalan dalam tubuh dan yg lebih parah lagi terakhir mondok dipenjara cipinang,sudah banyak contoh…waspadalah

  74. sdr. markus hati-hati kalo memberi informasi y,,,,,,,,,,,,

  75. Sy berpendapat itu adalah suatu usaha untuk menjauh kan rakyat kita mengkonsumsi susu kedelai yg biaya ny lebih murah dan kaya akan manpaat karena takut produk mereka khususny industri susu sapi tidak laku di pasaran.logikanya orang kita makan tahu tempe mungkin udah 7 turunan aturan udah kena kanker smua.coba mana rekomendasi situs resmi pakar giziny?jangan jangan cuma hoak doang.kasian dong rakyat kita udah tau ada cara hidup sehat dan murah eh malah di bikin opini supaya jangan minum susu kedelai.

  76. Oalah markus2, sampyan iku iso ae, ayo kasih tau milisnya dung kalo mau dibandingkan, aku ugo soko kediri. Tp wong kediri yo ora ono sing keno penyakit kanker masal jare hahahahhaha

  77. q juga penggemar susu kedelai,dan rencananya pun q mau bikin usaha rumahan dg bhan bakunya kedelai

  78. saya mw tnya klo susu bubuk kedelei melilea,boleh g d konsumsi bayi kurang lebih 5 bulan?saya tunggu blsan’e secepet’e

  79. I like soya….nyam..nyam…
    Tinggal minum aja kok di bikin repot..
    Tuang soyanya ke gelas diminum deh….
    ..huehehe….

    ^_^

  80. kalo takut minum soya ya gak usah minum, kalo memang suka minum soya ya minum aja gak ada masalah, jadi jangan suka buat comment yang nakut2-in orang. gak pantas….

  81. Saya seorang fitnes lover dan susu kedelai juga, saya bikin sendiridari kacang kedelai.. dari pada saya makan suplemen asam amino..buatan luar negeri…yang mungkin dibuat dari protein babi.. dan campuran steroid, yang jelas jelas..haram dan beracun…sekali lagi hidup kacang kedelai…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.