Bila si Kecil Takut Ke Dokter…

Jangan abaikan ketakutan si kecil pada dokter, karena ini akan membahayakan kesehatan fisik maupun psikisnya.

Langkah – langkah untuk mengatasi ketakutan si kecil..

Pertama : Tanyakan kepada anak apa yang membuatnya takut, setelah kita tahu penyebabnya berikan pengertian bahwa dokter adalah orang yang membantu menyembuhkan kita dari sakit. Nanti bila sudah sembuh kita bisa bermain lagi bersama kakak , adik ataupun teman-teman sekolah.

Kedua : Berika rasa aman ketika berkunjung ke dokter, biarkan si kecil membawa benda-benda kesayangannya. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasannya.

Ketiga : Kita jangan terpancing emosi dengan kelakuan anak, perlu dipahami bahwa saat ini mereka sedang bingung, cemas, dan takut. Yakinkan anak bahwa kita selalu menemani selama pemeriksaan. Berikan perlakuan disertai kata-kata yang memotivasi bahwa mereka pasti bisa melaluinya dengan baik.

Keempat : Jangan bohong pada anak bahwa suntik itu tidak sakit. Berikan informasi sebenarnya bahwa anak perlu mendapatkan suntikan, kapan suntikan itu diberikan dan bantu ia untuk mengalihkan perhatian dengan konsentrasi pada hal lain, biarkan anak mengenggam tangan kita atau benda kesayangannya selama proses penyuntikan.

Satu Tanggapan

  1. masukan yang bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s