Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mendorong Perkembangan Otak Bayi

Berikut hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mendorong perkembangan otak bayi pada setiap tingkat pertumbuhan.

Lahir sampai umur 4 bulan

Membaca, membuat wajah-wajah lucu atau aneh, menggelitik badan bayi, menggerakkan benda-benda didepan mata bayi misalnya bola warna cerah, menyanyikan lagu sederhana dengan ungkapan yang diulang-ulang, menceritakan apa saja yang akan Anda dan bayi Anda lakukan.”Bobo yaa, mama buatin susu.”

Umur 4 bulan sampai 6 bulan

Bantu bayi anda memeluk boneka hewan, menumpuk sesuatu (misalnya balok plastik), dan biarkan bayi anda merobohkannya, main musik dengan irama yang berbeda, tunjukkan buku dengan warna-warna yang cerah, biarkan bayi anda meraba benda dengan tekstur yang beda.

Umur 6 bulan sampai 18 bulan

bicara dan interaksi tata muka untuk meningkatkan hubungan antara bunyi dan kata, tunjuk orang-orang dan benda-benda yang diakrabi dan ulangi nama, menyanyikan lagu dengan ungkapan repetitif dan gerakan tangan, bermain petak umpet.

Umur 18 bulan sampai 24 bulan

Bermain pengenalan sederhana. Misalnya tunjuk mobil warna kuning atau bunga warna merah. Atau letakkan 3 benda di depan anak anda dan katakan kepadanya “Ambilkan saya…” bicara langsung kepada bayi anda sebanyak mungkin; perkenalkan alat tulis kepada anak anda, misalnya krayon, kertas. Tanyakan ‘dimana’ dan ‘apa’ ketika membaca untuk anak. Dorong permainan mandiri dengan mainan favorit.

Umur 24 bulan sampai 36 bulan

Beri pujian dan dorongan jika anak anda melakukan keterampilan motor secara baik. Dorong imjinasi anak dengan mengusulkan cara-cara baru dengan menggunakan mainan, bantu anak memasukkan aktivitas-aktivitas hidup nyata kedalam permainan. Misalnya pura-pura bicara di telepon, menyetir mobil. Jika membaca libatkan anak anda ke dalam cerita dengan mengajukan pertanyaan, menunjuk kata sambil membacakan kepada anak anda. Dorong anak untuk mengenali kata-kata pada halaman buku atau bunyinya.

Umur 3 tahun sampai 5 tahun

Ajarkan berbagi dengan contoh, main perminan papan sederhana untuk menanamkan aturan pembelajaran dan keterampilan, batasi nonton tv / video antara 1 sampai 2 jam sehari. Nonton dengan anak untuk membuatnya interaktif. Sesudah umur anak bertambah, tawarkan pilihan-pilihan sederhana. misal membaca buku atau main puzzle. Batasi menggunakan kata tidak dan dorong eksplorasi dan rasa ingin tahu alamiah. Beri respek dan perhatian pada anak  anda dan tunjukkan kesabaran ketika  anak anda mencoba menjelaskan  pengalaman-pengalaman barunya. luangkan waktu setiap hari  untuk duduk dengan anak anda dan diskusi apa yang dia  kerjakan hari ini. Dorong anak anda  untuk menjelaskan dan menjelajahi pengalaman baru.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s