Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Belajar Anak

Meningkatkan belajar anak dengan melakukan komunikasi yang efektif merupakan bentuk dari perlakuan orang tua untuk memahami kemampuan anak.

“Anak-anak ibarat bunga yang tumbuh di taman,” begitu kata Froebel, Bapak Taman Kanak-kanak. Maksudnya, anak-anak harus diberi kebebasan  tanpa paksaan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan dunianya –sepanjang dalam kebaikan tentunya. Anak dan orang dewasa mempunyai standar yang berbeda. Hal ini sering menjadi masalah, yaitu ketika orang dewasa berusaha menerapkan standar orang dewasa dalam mendidik anak-anaknya.
Anak adalah anugerah ilahi yang unik dengan dunianya yang khas kekanak-kanakan. Dia sering mempersepsi sesuatu dengan sederhana, tetapi justru menjadi rumit bagi orang dewasa. Di sinilah perlunya
orangtua memahami anak. (hlm. 12). Sebab sering terjadi, orangtua memaksakan persepsinya pada anak. Sehingga anak menjadi tertekan, tidak enjoy lagi berdekatan dengan orangtuanya. Dia merasa tidak senang
didampingi orangtuanya ketika belajar. Semangat berkomunikasi kepada anak bukan berarti memberikan
instruksi, melainkan duduk sejajar bersama anak, berempati, menemani, dan membuat suasana menyenangkan bagi anak. Dengan menggunakan komunikasi empatik, maka belajar bersama orangtua bagi sang anak bukanlah sesuatu yang menakutkan dan membebani, melainkan menjadi pengalaman bermain yang menyenangkan.
Maka, mencoba memahami anak adalah merupakan keasyikan tersendiri bagi orangtua. Dengan memahami anak, tidak memaksakan persepsi kepada mereka, didapat tiga keuntungan. Pertama, anak lebih memiliki keamanan psikologis untuk berkreasi dan berkembang secara wajar sesuai dengan sifat alaminya. Kedua, orangtua bisa belajar mengambil inspirasi dari hal-hal tak terduga yang muncul dari sifat spontanitas anak. Ketiga, anak tidak merasa terbebani dalam berbuat sesuatu.

Satu Tanggapan

  1. Thanks commentnya. Bener, tips di http://adhipraz.blogspot.com/2008/07/cara-menyuruh-anak-makan-tanpa-marah.html tentu saja tidak akan mempan terus menerus. :))
    Salam hangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s