Imunisasi Sangat Penting Untuk Pertahanan Tubuh

Imunisasi sangat penting untuk pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi yang berbahaya. Anak yang tidak mendapatkan imunisasi akan mudah terkena penyakit infeksi, menjadi cacat permanen, menderita kekurangan gizi dan bahkan kematian.

Semua vaksin yang diwajibkan dan dianjurkan untuk diberikan pada anak adalah vaksin yang melindungi tubuh dari penyakit infeksi yang serius dan membahayakan. Sistem kekebalan tubuh bayi dan anak-anak masih berada dalam tahap perkembangan; belum kuat untuk menangkal penyakit infeksi yang berbahaya. Oleh karena itu, mereka harus mendapatkan perlindungan sedini mungkin. Penundaan imunisasi akan menghadapkan anak pada risiko kematian atau kecacatan; kita seolah kembali ke era kegelapan dengan angka kematian yang tinggi, kematian di usia muda karena anak-anak akan bergelimpangan, meninggal sebelum mencapai usia sekolah.

Setengah dari angka kematian pada anak batuk rejan, sepertiga dari semua kasus penyakit diakibatkan polio dan seperempat dari angka kematian akibat campak muncul pada anak di bawah 1 tahun.

Anak yang tidak mendapat imunisasi sangat rentan terhadap campak, batuk rejan, dan penyakit-penyakit mematikan lainnya. Anak yang sembuh dari penyakit-penyakit tersebut menjadi lemah, dimungkinkan tidak dapat tumbuh dengan normal atau juga dimungkinkan menderita cacat permanent. Kemudian mereka bisa meninggal akibat kekurangan gizi dan penyakit-penyakit lainnya.

Imunisasi dilakukan lewat suntikan atau tetesan pada mulut. Vaksin bekerja dengan membentuk pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi. Imunisasi hanya dapat bekerja jika diberikan SEBELUM penyakit hinggap pada anak.

Baca juga:

    Imunisasi yang diwajibkan:

    1. Imunisasi BCG Untuk Mencegah TB (Tuberkulosis)
    2. Imunisasi Hepatitis B
    3. Imunisasi Polio
    4. Imunisasi DTP
    5. Imunisasi Campak

    Artikel lain:

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s