Imunisasi DTP

Dengan pemberian imunisasi DTP, diharapkan penyakit difteri, tetanus, dan pertusis menyingkir jauh dari tubuh si kecil. Kekeblan segera muncul seusai di imunisasi.

Usia dan jumlah pemberian
Sebanyak 5 kali, dilakukan bertahap, 3 kali di usia bayi (2,4,6 bulan0, 1 kali di usia 18 bulan, dan 1 kali di usia 5 tahun. Selanjutnya di usia 12 tahun, diberikan imunisasi TT

Efek samping
Umumnya muncul demam yang dapat diatasi dengan obat penurun panas, jika demamnya tinggi dan tak kunjung reda setelah 2 hari, segera bawa si kecil ke dokter. Namun jika demam tak muncul, bukan berarti imunisasi gagal, bisa saja karena kualitas vaksinnya jelek, misal.

Untuk anak yang memiliki riwayat kejang demam, imunisasi DTP tetap aman. Kejang demam tak membahayakan, karena si kecil mengalami kejang hanya ketika demam dan tak akan mengalami kejang lagi setelah demamnya hilang. Jikapun orang tua tetap khawatir, si kecil dapat diberikan vaksin DTP asesular yang tak menimbulkan demam, umumnya sangat ringan, hanya sekedar sumeng.

Indikasi Kontra
Tak dapat diberikan kepada mereka yang kejangnya disebabkan suatu penyakit seperti epilepsi, menderita kelainan saraf yang betul-betul berat atau habis dirawat karena infeksi otak, dan yang alergi terhadap DTP. Mereka hanya boleh menerima vaksin DT tanpa P karena antigen P inilah yang menyebabkan panas.

Baca juga:

    Imunisasi yang diwajibkan:

    1. Imunisasi BCG Untuk Mencegah TB (Tuberkulosis)
    2. Imunisasi Hepatitis B
    3. Imunisasi Polio
    4. Imunisasi DTP
    5. Imunisasi Campak

    Artikel lain:

      Satu Tanggapan

      1. saya dengar dari tetangga bahwa imunisasi DTP membuat anak panas, tp dari dokter katanya ada imunisasi DTP yang ga buat anak jadi panas, tp harganya 250 ribu. sebenarnya apa bedanya? apakah kualitas imunisasi di puskesmas beda dengan di rumah sakit swasta yang lebih mahal? saya bingung. mohon penjelasannya. terima kasih banyak…

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s