Mengobati eczema akibat alergi susu sapi

Catatan ini saya kutip dari blog nya dokter indra, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman.

Ternyata Caca alergi susu sapi, demikian menurut dokter F dari rumah sakit Thamrin. sejak usia 4 bulan memang Caca telah di beri susu formula, jadi setelah kontak lebih dari 2 bulan barulah timbul reaksi alergi berupa dermatitis atopik ( eczema). khasnya adalah timbulnya makula eritema multipel pada kedua piipi.

Jadi sekarang Caca menggunakan susu formula berbasis kedelai ( soya) dan buburnya bubur bayi biasa bukan bubur susu. menariknya di Alfamart dan Indomart, beberapa merek bubur bayi yang ternyata masih mengandung produk susu, yaitu skim milk powder, hanya satu sejauh ini yang diketemukan tidak mencantumkan yaitu produk dari Nestle, meski disebutkan ada kemungkinan mengandung sedikit protein susu dan atau gluten.

Alergi susu sapi berbeda dengan laktosa intolerance yang merupakan reaksi hipersensitivitas non alergik. 85-90 % anak kehilangan alerginya setelah usia 3 tahun, namun 13-20% cross alergi dengan daging sapi.

obat yang diberikan pada Caca adalah puyer yang terdiri dari CTM, kenacort, isoprinosin dan sach lact serta obat tetes Cetirizin drops

erithema yang timbul hilang satu hari setelah pemberian obat.Alhamdulillah

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s