Mainan Anak Tradisional

mainan anak tradisionalTuisan tentang mainan anak tradisional ini saya tulis karena teringat akan kenangan masa kecil. Kenangan itu muncul ketika anak kami, Ocha (Kelas 1 SD) membawa mainan dari pelepah pohon pisang yang diiris-iris. Kalo semasa kecil saya sih namanya bedil-bedilan. Kebetulan di sekolahnya sedang belajar keterampilan, teman-temannya yang lainpun membuat beberapa mainan dari bahan alami seperti mobil-mobilan dari kulit jeruk, keris-kerisan dari janur kelapa, kincir air dari pelepah daun singkong dll.

Mainan anak tradisional merupakan suatu proses kreatif yang luar biasa karena si anak dituntut untuk mampu berimajinasi dan kemudian menuangkannya dalam design dan karya dengan bahan yang sangat terbatas. Proses kreatif itu selain melatih olah pikiran (imajinasi teknis), juga melibatkan olah rasa (sense of art) dan juga olah fisik karena si anak dituntut untuk mengerjakan sendiri mainan yang diidamkannya.

Disaat mainan impor mulai membanjiri pasar dan toko mainan, maka mainan anak tradisional harus semakin kita budayakan, terutama di wilayah perkotaan. Peran sekolah dalam hal ini amatlah besar, beberapa kurikulum yang ada dapat disisipi muatan lokal keterampilan berupa mainan khas di daerahnya masing-masing.

Derasnya serbuan mainan anak produksi luar negeri, termasuk mainan murah dari Cina, membawa pengaruh sangat besar bagi daya pikir, karakter maupun sikap dan sifat seorang anak. Permainan anak saat ini banyak menciptakan emosional anak meningkat dan juga bersifat individualistik.

Berbeda dengan mainan anak tradisional, anak-anak dituntut kreatif sejak dalam proses pembuatannya yang harus berbaur dengan alam, karena bahan didapat dari lingkungan sekitar. Demikian pula saat memainkannya, selain dituntut kreatif juga harus memiliki strategi, kekuatan (tenaga), kebersamaan, kejujuran dan lainnya, yang berasal dari nilai-nilai kearifan lokal serta nilai-nilai tradisi yang merupakan benteng budaya.

4 Tanggapan

  1. Alhamdulillah, kami juga melakukan hal yang sama; memproduksi mainan yang edukatif, terjangkau namun tetap aman dan akrab lingkungan, serta berbasis budaya tentunya.
    Jika berkenan, silahkan mampir di site kami: http://mainanbocah.wordpress.com, terima kasih

  2. salam kenal..

    bagus jg blognya mba..banyak mebahas tentang anak…semuanya bermanfaat

  3. Premium blogpost, amazing looking weblog, added it to my favs.

  4. Artikel menarik dan blog yang keren…
    Saya juga punya berbagai macam koleksi permainan anak yang edukatif dan mencerdaskan.
    Ada juga koleksi lagu anak-anak yang edukatif…
    Dongeng anak juga ada..
    Mari kunjungi blog saya di
    http://lagu2anak.blogspot.com
    Apakah bersedia bertukar link juga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s