Kualitas Tidur Sangat Penting Bagi Pertumbuhan Anak

Jangan menganggap sepele kebutuhan tidur anak. Tidur nyenyak sangat penting bagi pertumbuhan anak. Karena, saat tidur pertumbuhan otak balita (bayi di bawah lima tahun) mencapai puncaknya. Otak juga mengonsolidasi segala memori dan pengetahuan baru. Tak hanya itu, otot, kulit, sistem jatung dan pembuluh darah, metabolisme tubuh, dan tulang mengalami pertumbuhan pesat saat tidur. Hal itu disebabkan tubuh balita memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan ketika dia terbangun.

 

Kualitas Tidur
Lalu bagaimana yang dimaksud dengan kualitas tidur untuk bayi. Bayi dikatakan mengalami gangguan tidur jika pada malam hari tidurnya kurang dari 9 jam, terbangun lebih dari 3 kali dan lama terbangunnya lebih dari 1 jam. Selama tidur bayi terlihat selalu rewel, menangis dan sulit jatuh tidur kembali. Bila hal tersebut sering terjadi pada kebiasaan tidur bayi, maka akan sangat mempengaruhi pertumbuhan anak, baik secara fisik maupun psikis.bayi-tidur-nyenyak.jpg

 

Besaran jumlah jam tidur anak, disesuaikan dengan tingkatan umurnya. Bayi baru lahir biasanya tidur selama 16-20 jam per hari, bayi usia 2-12 bulan jumlah waktu tidurnya mencapai 9-12 jam pada malam hari dengan tidur siang 1-4 kali sehari. Sedangkan anak usia 12 bulan-3 tahun, biasanya tidur 12-13 jam sehari dengan rata-rata tidur siang satu kali saja. Kalau anak sudah berusia di atas 4 tahun, seorang anak dapat tidak membutuhkan tidur siang lagi.

 Ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan tidur yang membuat tidur anak menjadi tidak nyenyak.

  • Rasa lapar dan haus
  • Adanya gangguan atau rasa  sakit  pada gigi, telinga, kulit, saluran napas, atau saluran cerna
  • Masalah psikis, yang terkait dengan tahapan perkembangan anak, pola asuh, temperamen, aktifitas dan faktor lingkungan

 Kebiasaan yang sering terjadi adalah orang tua yang tidur satu ranjang dengan anak. Sehingga ketika bergeser sedikit saj, maka bayi akan terbangun bahkan rewel. Sebaiknya pisahkan tempat tidur anak dengan orang tua sejak dini.

 

Dampak Kurang Tidur 
Dampak masalah kurang tidur pada balita, untuk fisik adalah gangguan pertumbuhan badannya karena pengeluaran hormon selama tidur menjadi “kacau”, kerentanan fungsi imun atau daya tahan tubuh, iregulasi sistem endokrin, kegemukan dan mengantuk.

Sedangkan untuk masalah kognitif, adalah anak jadi kehilangan konsentrasi, lambat, kurang waspada, kurang perhatian, gangguan pembelajaran hingga prestasi akademik yang menurun. Pada kemampuan geraknya, anak menjadi kurang cermat dan ceroboh.

Membuat Anak Tidur Nyenyak
Ciri-ciri balita cukup tidur, yaitu, ia akan dapat jatuh tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

 

Orang tua juga harus memperhatikan kondisi psikis anak dengan memperbaiki pola asuh, kualitas sentuhan, dan kenali temperamennya serta faktor lingkungan harus mendukung. Karena tidur merupakan perilaku yang dipelajari yang dapat dibentuk melalui rutinitas dan kebiasaan tidur yang baik.

 

Ada tiga langkah yang dapat dilakukan orang tua agar anaknya dapat tidur nyenyak  yaitu dengan

  • Memandikan balita dengan air hangat,
  • Memijat lembut balita dan melakukan aktivitas tenang seperti membaca dongeng,
  • Meninabobokan atau memperdengarkan musik tenang sebelum menidurkan balita.

Dengan kualitas tidur yang baik pada anak anda, bukan saja anak yang senang dan sehat, tapi orang tua juga akan tidur lebih tenang tanpa terganggu dengan tangisan bayi. Sehingga bisa tampil segar keesokan harinya.

 

 

9 Tanggapan

  1. anak saya yang saat ini berumur 20 bulan sangat sulit untuk tidur nyenyak pada malan hari.untuk memulai tidurpun sangat sulit.Dia bahkan baru tertidur setelah pukul 22.00,Walaupun sudah saya ajak untuk mendengarkan musik sambil membacakan cerita,tetapi tetap saja dia sulit untuk memulai tidur,Tetapi jumlah jam tidur nya termasuk cukup karena walaupun dia tidurnya malam,tetapi bangun tidurnya agak siang..Saat tidur malam sering geisah,Saya tidur bersama anak saya,Ini agak menyulitkan saya, karena saya harus bekerja pada pagi hari,pulang krja sudah lelah,sehingga kondisi fisik saat bekerja tidak optimal.

  2. Ibu widya…agak gak enak ati juga nih mo kasih saran buat ibu dokter..cuma berdasarkan pengalaman aja nih..ada kemungkinan si baby kurang kenyang…umur 20 bln sudah makan makanan padat ya kan?..

  3. halo..saya mau nanya,anak saya berumur 4 bulan 7 hari,dia biasanya tidur mulai jam 17.00 sampai 23.30 dan kadang mulai tidur lagi antara jam 01.00-02.00 malam sampai jam 04.00-05.00 subuh.dan siang hari kadang tidur sekitar 5-6 jam dengan prekuensi tidur 2-4 kali.anak saya masih menyusui dari asi aja,belum ada tambahan susu atau makanan bayi yang kami berikan.apakah anak saya ini termasuk bayi yang susah tidur,dan bagaimana cara mengatasinya? dari kondisi anak saya diatas apakah langkah-langkah yang harus saya dan istrisaya lalkukan. trima kasih.

    • @ pak yusuf memang bayi itu jam tidurnya masih banyak..nanti semakin bertambah umurnya jam tidurnya berkurang..bayi anak terbangun bila dia merasa tidak nyaman, sakit ato lapar…tp jam tidurnya masih normal kok

  4. Sekedar share aja, saya baca buku bahwa pola tidur anak bisa diajarkan atau dibentuk sejak dalam kandungan. Selama hamil hal ini saya praktekan. Saat ini usia anak saya 4 bulan, sejak lahir sampai saat ini pola tidurnya seperti ini, pagi sampai sore tidur 2 – 4 kali sekitar 1 jam. Antara jam 7 – 8 malam sudah tidur lagi kira2 sampai jam 5 pagi. Bahkan seringkali dia langsung tidur sendiri kalo udah ngantuk, tanpa perlu digendong.

  5. hallo.., anakku umur 2 bulan kalau malam dia tidur mulai pukul 20:00 s/d subuh, setelah itu sehabis mandi pagi dia tertidur sekitar 2 s/d 3 jam, siang dia rewel karena susah tidur.baru bisa tidur setelah mandi sore sekitar 2 jam terkadang sampai subuh.
    apa pola tidur anakku di usianya benar? kalau tidak gimana solusi supaya pola tidur yang benar dan baik untuk perkembangannya?

    • anak umur 2 bln memang dunianya masih lebih banyak tidurnya jadi masih wajar aja..kalo siang dia rewel mungkin dia merasa panas atau tidak nyaman

  6. fren py kbr y………
    kapan blk KDR ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s