Obat Penurun Panas/Demam Untuk Bayi

Demam atau panas adalah penyakit yang paling sering menimpa anak-anak atau bayi. Disaat anak atau bayi kita terkena demam, tentunya kita harus sudah siap dengan obat sebagai pertolongan pertama. Tentu saja kita harus membawanya ke dokter untuk diagnosa dan pengobatan yang tepat, namun kadang demam atau panas menyerang anak/bayi kita disaat-saat yang kurang menguntungkan.

Seperti yang kami alami ketika si kecil Lulu yang terkena demam/panas saat jumat malam. Kita harus melakukan pengobatan mandiri paling tidak selama 2 hari yaitu sabtu dan minggu, baru pada hari senin bisa membawanya ke dokter.

Ada obat yang direkomendasikan oleh dokter kami untuk berjaga-jaga bila anak/bayi demam atau panas.

Sanmol syrup (drops), fungsi obat ini adalah sebagai pereda demam untuk bayi

Berikut adalah kutipan dari situs produsen obat tersebut

Sakit panas biasanya terjadi sebagai implementasi karena didalam tubuh kita ada yang tidak beres atau kena sakit. Misalnya infeksi di pencernaan, saluran pernafasan atau tempat lain. Namun sebelum kita mengobati sakit pokoknya tentu sebagai awam kita akan mengobati sakit panasnya terlebih dahulu. Dalam rangka itu diperlukan obat yang dapat menurunkan panas. Diantara obat-obatan yang berkasiat untuk menurunkan panas yang beredar adalah Sanmol Syrup. Sanmol Syrup mengandung bahan obat Paracetamol yang berkasiat sebagai analgetika ( mengurangi rasa sakit ) dan antipyretika ( menurunkan panas badan ). Jadi kalau kita minum Sanmol syrup dalam rangka untuk menurunkan panas adalah tepat. Sanmol Syrup termasuk obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Sanmol syrup banyak dijumpai di toko obat, Mall atau apotek. Harga obat ini cukup relatif terjangkau . Sanmol syrup mudah diberikan kepada anak-anak karena rasanya tidak pahit. Dalam kemasannya dilengkapi sendok takar plastik (5 ml) . Juga terdapat aturan pemakaian. Sanmol Syrup diproduksi oleh PT Sanbe Farma.

Baca juga:
85 Tanggapan

  1. Kebanyakan dokter gatau kenapa memang merujuk ke Sanmol untuk obat turun panas….oya, susu soya harganya berapa mbak?

  2. Untuk soya harganya 45rb dgn berat 500grm, tapi kalo mbak mau jadi member harganya 39.600. jadi membernya gampang kok mbak cuma bayar 55rb ntar dapat starterkit dan kita gak ditarget penjualan, ataupun pembelian minimal. Untuk saat ini Susu Soya melilea sangat membantu perkembangan anak saya juga kantong kami dibandingkan jika harus membeli susu formula dari susu sapi. Soya Melilea juga cocok untuk semua umur so…satu keluarga cukup 1 macam susu saja lebih hemat kan…

  3. Saya juga punya pengalaman soal anak panas 4 bulanan yang lalu, anak saya saat itu berumur 2thn jalan. Waktu itu panasnya sampai 40an, dan akibatnya anak saya kena kejang (step) sampai 4 kali sehari itu. Langsung saya bawa ke Rumah Sakit, dan disana langsung ditangani dokter spesialisnya. Waktu itu anak saya dikasih obat penurun panas yang namanya Sanmol drops, dan khasiatnya sungguh benar2 membuat saya/isteri tenang dan tidak panik lagi masalah panas/kejangnya.
    Atas pengalaman itu, saya dianjurkan oleh dokter untuk selalu menyiapkan Sanmol drops untuk jaga2 bila si kecil panas lagi.
    Sanmol drops memang manjur buat penurun panas anak kita.

  4. HAIII SEMUA JANGAN SAMPAI STEP YAAAA ANAK KITA SALAH SATU PENCEGAHANNYA YAITU JANGAN SAMPAI DEMAM TINGGI ANAK KITA SEDIAKAN PARASETAMOL UNTUK ANAK-ANAK DIRUMAH OC

    KUNJUNGI BLOGSAYA DI
    http://bussinesinternational.blogspot.com/

  5. kalo tetangga saya, kalo anaknya panas dia kasi degan muda+air degan+gula merah yg berasal dari kelapa (bukan aren). habis itu anaknya keringetan trus sembuh dengan ijin Allah swt. kalo orang dewasa panas obatnya pake air suam kuku mendekati panas (ukuran panasnya yaitu bila diminum gak bisa langsung karena panas) paksakan minum minimal satu gelas belimbing trus tidur dengan selimut tebal. bangunnya insya Allah sembuh karena keringetan. semoga bisa membantu.

  6. memang sanmol lumayan bagus.
    tapi sayang anak saya yg ke2 demamnya kepanjangan.
    udah ampir 1 bln. pagi dingin malam demam. suhu sekitar 37-38,5. ke dokter lu banyak perubahan.
    anakku yang pertama meninggal karena kurang sigap mengatasi demam. demam karena diare. 11 jam anakku infusannya macet. tidak ada suster yang mau benerin. akhirnya dehidrasi. dan …

    • hidup mati tuh ada ditangan tuhan,..tapi manusia jugalah yg harus berusaha.
      saya kecewa dan terharu mendengar cerita pak arief suryaman. sebegitunya suster dan dokter di indonesia (walaupun tidak semua), tapi saya juga pernah mengalami hal tersebut (penanganan yg kurang memuaskan). “teu sarieun kitu pas sakaratul maut na bangsa aing teh, nepi ka kituna,..”. semoga ini tidak terulang lagi kepada yg lain,.dan saya harap juga kita tetap berkomunikasi untuk membentuk suara bulat jikalau ada kejadian seperti ini lagi,..

  7. Innalillahiwa’inaillaihirojiun, semoga bapak diberi ketabahan dan kekuatan atas cobaan Allah SWT ini. semoga lekas sembuh ya pak untuk putranya..dan dapat berbagi pengalaman cara mengatasinya.

  8. anak saya Mahessa ( 4 bln ) kadang pas pagi sekitar pkl 4 geto kepalanya suka panas ( cuma kepalanya aja ) kira2 kenapa yah……

  9. Anak saya 2 thn 10 bln panas sampai 41.5 C udh 3 hr, untung ngga kejang, malah masih aktif. Dari pertama saya kasih sanmol sirup blm turun2 juga, akhirnya selama 3 hr berturut ke dokter, dpt obat yg dimasukkan dari (maaf) anus..hasil tes karna bakteri, bukan tipus bukan dbd,..sakit sekarang aneh2 ya…

  10. makasih bu ita udah bagi pengalaman, mungkin bisa dijelaskan karena bakteri apa dan pencegahannya ya…karena emang sekarang banyak penyakit aneh begitu

  11. dok ,apa yang harua dilakukn bila anak terserang panas(step)

  12. wah, anak saya lg kena panas ni, terima kasih atas infonya..

  13. salam semua.. anak saya perempuan baru berusia 7bulan sedang demam panas tapi masih aktif… stiap minum obat syrup sanmol selalu dimuntahkan, bahkan sudah dicampur airpun tetap muntah.. apakah ada solusinya? or obat yang alami?

    Thk

  14. Anak pertama saya juga klo demam saya beri Sanmol Drops. Alhamdulillah sehat…makanya saya selalu sedia Sanmol kalau-kalau anak demam mendadak,minimalnya pertolongan pertama sudah dekat. Anak saya yang kedua tidak terlalu sering saya beri obar seiring komitmen kami untuk tidak tergesa-gesa memberi obat kimia saat anak sakit untuk memberikan kesempatan tubuh (antibody)bekerja sehingga ketika dewasa nanti badannya lebih tahan, insya Allah sehat…

  15. Salam kenal buat semuanya… kalo kata ibuku mah, ketika anak sakit demam, pilek n batuk itu mah lagi masa “indah” dalam artian mau bertambah kepandaiannya, selama masa indah ga usah di mandiin paling 3 hari juga dah sembuh sendiri. anak saya laki-laki usiany 18 bulan, klo dia demam saya balurin bawang merah+jeruk nipis+garam+asam jawa+minyak telon(idealnya pake minya kompor), dengan wanginya yang semriwing bikin hidung anakku legaaa… trs panasnya juga turun, saya tambahin juga dengan minum panadol anak, alhamdulillah membaik..

  16. to mama asker, kami juga pake resep tradisional itu sebelum memberikan obat kimia. kalo dgn yg tradisional berum turun juga baru pake obat kimia, thanks

  17. Tuk Vinadanvani salam kenal, tuk Mama Asker, Makasih infonya, aku kan coba soal e anak aku (19 bln ) juga kena demam dan batuk pilek. Dah aku bawa ke RS juga masih lom sembuh. Tak coba e dulu moga jodho.
    Tuk temen2 dan Vinadanvani kalo jalan2 jg lupa mampir ke beranda aku di http://mydr34ms.wordpress.com

  18. videns jg sekarang sering panas mungkin karna lg tumbuh giginya,kadang panas kadang jg turun klo udah di kasih minum obat plus anti biotik turun panasnya kadang2 panasnya datang lg usianya 9 bulan klo minum obat suka dimuntahin lg klo udah gitu bingung rasanya

  19. Anak saya Naila umur 2 tahun jalan pernah panas tdk turun2, ke dokter dikasih Sanmol dan Ampicilin sirup. Sanmolnya masuk, tp Ampisilinnya dimuntahkan, saya ke Apotek kenalan saya dia sarankan agar ganti Ampisilinnya dgn Amoxsan sirup, krn sepabrik dgn Sanmol, Het nya 25ribu di Manggar Belitung sn, rasanya manis dan tidak berbau khas antibiotik. Alhamdulillah sembuh.

  20. Eh nambah, Amoxsan itu amoxicillin keluaran Sanbe Farma, cm harus dgn resep dokter krn ini obat paten, tp kalau ada yg anak2nya susah minum antibiotik Insya Allah utk Amoxsan anak mau. Memang butuh perjuangan membesarkan anak. Kalau panas anak tinggi sambil menunggu obat kompres sj dgn air daun kembang sepatu yg diiris2 kecil, ini cukup lumayan mengurangi panas buah hati kita..memang kita sbg orang tua habis2an utk kesehatan anak kita, ini jg terjadi dulu pas kita jadi anak kali ya? Makasih mdh2an membantu.

  21. makasih infonya

  22. boleh nanya, anakku perempuan baru umur 2 bln dan sakit panas, minum susunya nda ada masalah, baik itu asi ataupun susu kaleng, tetapi hari ini saya coba kasih susu hippoalergik untuk umuran 0 – 6bln.. apa mungkin karena susu kalengnya? mohon pencerahannya.

    dhanie

  23. anak q neysa usia 9 bulan kemarin semp[at demam mpe 39.3 C…..wah drumah semua org panik,maklum anak p1, untung drumah selalu ada sanmol, memang deman tidak reda krn suhu naik turun akhirnya kedokter untuk check up, dri dkter menyarankan dkasi sanmol…n ada antiboitik juga sie cma lupa namanya apa akhirnya bsk paginya suhu anak kembali normal, akhirnya q bsa bernapas lega.krn klw liat anak mpe sakit rasanya ga tega,

  24. makash infonya..saya mo ambil bawang mrah dlu.anak saya juga lagi panas..

  25. ya benar saya sudah pakai sanmoldrop kok

  26. Thx utk smua2x.Anak saya panasnya naik turun,tapi klo dtg pns tinggi bdnx sampe kjang2, udah k dktr berkali2 tpi ttp aja tdk ada perubahan.tapi selama anakku sakit saya tdk berada di rmh,hx istri dn mertua yg jaga ank di rmh. saya lagi kerja ,jrkx ckp jauh dgn rmh.Dan selama sakit dia mangil2 bpkx,stlah saya suruh dtg k tpt krj saya masih di perjalanan pns anak saya udah mulai turun,sampai di tpt kost saya anakku udah sehat dan bermain sprti biasa.Knp bisa dmkian,apakah skt anak sy hanya krn rindu bpkx ?

    • duh ikatan emosionalnya deket banget ya…

    • Ya itu hanya kgn saja, soalnya terkadang dia panik nyari2 yang biasanya ada tp ga ada..nah dr situ dia semakin tegang dan panik…mau ngomong ga tau apa yng di omongin akhrnya jd sakit.. kemudian tiba2 mamanya ngajak ketemu bapaknya, dia tau apa yg di maksud ibunya makanya dia tenang dan akhirnya pas ketemu bapknya.. bener2 suasana jd nyaman dan sesuai keinginannya.. saran saya dimanapun kita berada.. usahakan selalu hidup bersama anak dan istri biar perkembangan anak dan perjalanan hidup kira selalu ada… hehehe

    • dikasih minum kopi aja yar g kejang2, dkit2 aja yg penting rutin.

  27. hati2 penggunaan antipiretik ( obat penurun panas ) khususnya yg isinya parasetamol dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada hati tp sejauh ini saya blm menemukan obat punurun panas untuk anak2 yg di kombinasikan agar bila obat tersebut di konsumsi aman

  28. Anak saya baru usia 7 bln, saat ini lg sakit panas. Udah kami bawa ke dokter n alhamdulillah panasnya udah agak menurun. Panas tubuh anak saya 37,9 derajat C. Yg mau kami tanyakan, panas ideal tubuh pada bayi seusia anak kami berapa ya dok.???

  29. makasih infonya bu elvy

  30. mbak anak sya kalau batuk nangis.. klu istilah dulu dia terkena batuk kodok. atau ngongkrong.. itu apa obatnya??? please jawab sekarang….

  31. nafasnya sesek banget…. kasian banget … sya bwa kedokter.. tapi???

  32. Terima kasih infonya, sangat berguna sekali..kebetulan anak sy lg panas dan dirumah persediaan obat lg kosong,apa yg msti sy lakukan ya spy panas anak sy turun? Terima kasih sebelumnya..

  33. Terima kasih infonya, sangat berguna sekali..kebetulan anak sy berumur 16bln lg panas dan dirumah persediaan obat lg kosong,apa yg msti sy lakukan ya spy panas anak sy turun? Terima kasih sebelumnya..

    • Salam,
      Bu Grace, jika saya jadi Anda, saya akan membeli paracetamol. saya tidak akan coba-coba yang lain =) beda jika saya yang demam, hehe

  34. dok apa yg palaing cocok bt anak usiax 2thn yg mengalami panas disertai kejang,kadang panasx mintak ampun tapi panasx cuman di kepalax aja,,,,makasi sebelumx………!!!

    • musti sedia obat panas di rumah pak, terus pas kejang dikasi obat antikejang, biasanya dalam bentuk suppositurio (dimasukin dubur). nah, obat kejangnya apa? silahkan datang ke dokter. karena meskipun kita tahu obat antikejang apa, bapak hanya bisa membeli obat itu dari resep dokter.
      segera bawa ke dokter y pak, karena kejang demam (step) itu bahaya, bisa bikin perkembangan anak terganggu akibat cedera otak.

  35. chiara br umur lima bulan, gemesin, murah seyum tp skrng ini lg demam (38.5′ C), (maaf ) BAB nya cair (bau banget), td malem di sdh minum ‘sanmol’ n dikompres.
    pls, gejala sakit apa ya??
    sebelumnya terimakasih atas advisnya…
    moga2 chiara cepet sembuh n bs ketawa lg,

    • anak bapak lagi diare. kalo pada bayi biasanya disebabkan oleh virus. terusin ngasi makan /minum biar gak dehidrasi. kalo keadaannya belum berubah, langsung bawa ke dokter ya pak, diare anak lumayan bahaya.

  36. trmksh atas advisnya, tp belum seminggu sembuh sekarang chiara lg batuk (berdahak) lendirnya tdk bs keluar jdnya klo bernafas susah.
    obatnya apa ya..?

  37. anak saya berusia 8 bulan awalnya dia terkenak batuk berdahak sudah saya kasih triaminic expektoran tapi gak sembuh2. terus kena panas juga dan anehnya yang bikin saya binggung panasnya itu di daerah telapak tangan dan telapak kaki juga kepala bagian belakang. tu kenapa ya dan sudah saya kasih sanmol kok tetep aja ada solusi n ada yang tau gak kenapa dengan anakku. aq sudah ke dokter tapi cuma di kasih obat batuk dan penirin panasnya di kasih sanmol tapi sampai sekarang kok belum sembuh

  38. saya mau tanya tapi dah ada jawabannya di atas. makasih semua…..

  39. hi all,

    mo nanya nih, kemarin anak saya (19 bln) panas, trus dikasi obat penurun panas Sanmol oleh dokter. Ada yang bikin saya bertanya2, pas saya tanya apakah obatnya dah bisa di stop ketika anak saya panasnya dah turun? sang dokter menjawab : harus dihabiskan.
    Saya jg bingung, dari yg saya baca di boxnya, kandungan yg ada di dlm obat itu hanya paracetamol (CMIIW).
    Apakah Sanmol itu ada antibiotiknya juga?

    mohon advicenya..
    thx b4 :)

  40. assalamualaikum.salam kenal buat smuanya…! saya mau tanya nih ! anak saya skrang (5bln) lg sdg sakit panas sblmnya itu muntah2 , sebaiknya tindakan pertama dikasi obat apa ya ?

  41. anak saya umur 7 thn sdh 2 hari panas 37 derajat c kemudian diare setelah dikasih obat panas dan oralit eh panas lagi gi mana tu mhn penjelasannya thx

  42. adakah teman2 yg bisa bantu mee ocha dan sarny sarapil

  43. Anak sy 17bl bb 18kg,kl pns susah trun,prnh kejang 1x pas pjlnan ke RS.Skrg pns mpe 40,5c udh dksh tempra syrup,tp ttp naek trun.dksh diazepam gak ya?takut kejang lg..

  44. anak saya umur 4th 1/2 panas 39 dari ujung kepala sampe kaki sudah mau 2hari saya kasih tempra ga turun2x panasnya. tolong ada yang bisa kasih imformasinya megenai obat panas selain tempra,,,Tenk Q

  45. aslm mba anak sy lhr prmtur 1,5 dri umur 40 hari dia ga pernah sakit baru kali ini dia sakit panas…2 hari klo sore dingin..malam panas udah ke dokter dtnya sblum ny dksih apa aku jwb termorex..yg aku tanyakan 1.kurangkah berat bdn anak saya umur 10 bulan 6,5 soalny dia lhir 1,5 pertanyaan yg kedua amankah obat termorex buat obar penurun panas anak saya?jika tdk obat apakah yg cocok..mkasih wasalam.

  46. anak berusia 18 bulan tapi ko blum jg jalan kenap ya dok?dulunya dia pernah kejang 4 kali sampai diopname 2minggu d RS.banyumas

  47. asalmulakum wr.wb ni njawa umur 18 bulan tapi blm bisa jalan kenap ya?dulu pernah kejang

    • wa’alaikumsalm Ibunda Najwa, gmn kabar najwa hari ini smg sehat2 aja ya. Klo najwa pernah kejang bisa ditanyakan ke dokter yg merawat penyebab kejangnya apa, berpengaruh tidak dgn syaraf motoriknya.

  48. Kenalkan ini mamae khairunnisa. Kenapa telapak tangan & kaki sering panas dan juga area kepala. Trus anak saya sekarang 12 bulan minum susu enfamil hipoalergenik, mau cari lanjutannya tapi di boxnya kok cuma sampe 12 bulan. Susu apa yang cocok ya… Makasih

  49. asslmkm..
    Sy mempunyai anak berusia 12bln,yg sy mo tanyakan:
    1. apakah sanmol di dalamnya mengandung alkohol?
    2. Sebenarnya apa fungsi alkohol yg terkandung didalam obat penurun panas,karna kebanyakan obat yg sy temui mengandung alkohol.
    3. Apakah aman obat demam yg mengandung alkohol jika diberikan kepada anak?
    Mohon jawabannya.trimakasih

  50. sy mo tnya anak sya skit demam panas 37.8 c.sudah kedokter dikasih sanmol..setelah minum jeda 1~2jam turun panasnya, tp habis itu panas lag,,mgkin dr teman2 ada yg tahu obt kimia lain or obt trdisional…terimakasih atas bantuanya….

  51. hi..lam kenal smuanya…saya mau tanya anak sy usi 9.5 bulan dia sering sakit panas.pilek dan maaf mencret dan sampai saat ini lum diimunisasi dpt 3 dan campak kira2 nantinya ada masalah ga?skarg aja lg diare tp alhamdulilah dia masih tetep makan dan minum susu dan sy belum bw sakha kedokter karena 3 hari lalu sakha baru saja dibawa kedokter karena pilek dan panas setelah panasnya sembuh skarg anaku diare kira2 apa obatnya yah?trimakasih

  52. hmm….kenapa harus sanmol???
    Kalo malam datang nyalakan lampu neon,
    kalo anak demam berikanlah Praxion…..
    Praxion sekarang dijual bebas dan tidak dipegang Ethical lg.
    temukan di Apotik seluruh Indonesia pasti ada…Tx.

  53. trima kasih..infonya semoga tulisan semakin banyak yang melihat dan mengunjungi situs ini…

  54. manfaat japanese cristalin alga juga sangat bagus lho..mau tahu manfaat “kristal alga jepang” silahkan buka blog saya thanks

  55. sanmol bagi anak sy tdk,berkhasiat lg krn mungkin dosisnya rendah setelah sy bw kedokter,dia diberi dosis tinggi,apakah tdk mempengaruhi,fugsi hati,dan apa yg membedakan?ter’m kash,

  56. as.kenapa anak saya umur 2.5bln sakit deman,lida berjamur,suhu bdanx gak teratur kdang panas dan dingin,kata dokter anak saya kena gangguan vitalitas suara?gmana cra menyembuhkannya dokter?

  57. anak sy (5 bln)skr lg panas, mo ke dokter pada libur(lbaran),dirumah ada sanmol syrup bekas kakaknya (4 thn) msh baru yg mo ditanyain berapa dosis sanmol untuk anak 5 bln?krn bungkusnya dah kebuang. Thx pcerahannya b4.

  58. sbelumnya saya mengucapkan trma kasih kpd yg mempunyai blog ini,smoga amal ibadah anda ditrima disisi allah swt,amin karna anda telah membagi2 ilmu yg anda dapat,tdinya sya mau bertanya,but krna sdah ada yg menanyakan hal tersebut,dan sya cukup membacanya aja,thank very much you are so kind :-)

  59. oc

  60. bayiku yahya berumur 6,5 bln, saat ini dy sdang panas, sdh ksh obat penurun panas tp tdk bekurang jg, panasx seluruh badan kecuali tangan n kaki yg dingin, matax jg sering ngeluarin tahi. Sdh periksa malaria tp hslx negatif. Cara yg tepat apa yah biar anakku sembuh. Tks tas masukanx

  61. halo salam kenal ya…ini bunda arkan..
    anakku lg sakit panas skrg, tp aku ga tau sebabnya..soalnya tiba-tiba gitu..makan es ga pernah,dirumah aja ga pernah keluar jauh2..aduh kira2 gara-gara apa ya??
    biasanya klo panas,anakku suka dikompreskan sama air daun jarak.. n paracetamol jg sih…
    Doakan ya mudah2an sembuh…

  62. kl bayiku agak panas trs kl hbis mnum sufor dkeluarin lg,,bru 2hari in sbelumnya g prnh..usia bayiku bru 1bln..gmn solusinya??sufornya SGM LLM+ ap sya perlu gnti susu yg lain?sbenarny g ad mslh ap2 sm bayi sya cm wktu it suami sya beli SGM LLM+ jd sya lnjut aj trs..mksh

  63. penting banget!

  64. wah kembali ke yang alami ajah

  65. terima kasih tuk infonya mba……
    buku islami

  66. Anak saya umrnya 10 bln.sring kli trsrng mencret apa ngak co2k susu ya,skrng dmam tp ngak trlalu pns,apa prlu d ksi prastmol ya dok.tq

  67. mksh.. sama tips nya.

  68. kalo boleh tau kopi apa pak……????

  69. anak sy panas mau cari sanmol udh mlm/dini hari akhirnya pake obat herbal ( darurat ) minyak klapa + jeruk nipis di oleskan k tubuhnya. alhmdulilah berkat ijin alloh panasnya turun & insyaalloh paginya sy bawa k dokter/medis…

  70. Anak saya minum sanmol naik turun panasnya mohon do’anya ya…

  71. […] Obat penurun panas/demam untuk bayi | keluarga kediri […]

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.