Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Balita Anda susah makan? Jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi. Berikut dr Soeroyo Machfudz SpA(K) MPH dari Yogyakarta memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan:
 
1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ”Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.”, tutur Soeroyo.

3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.

4. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak ‘dilaparkan’ dulu. ”Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.”,
jelas dia.

5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.

6. Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.

7. Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.

8. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

(sumber: republika.co.id)

6 Tanggapan

  1. Blognya bagus ya buuk…aku juga sekarang lagi pusing. Anakku yang kedua, umur 2 th 2 bln susah banget makannya. Karena itu aku kasih susu pediasure sekarang. Maunya makan nasi tim aja. Kalo aku coba kasih nasi biasa selalu dilepeh..Sekarang aja beratnya masih 11 kg. Padahal kakaknya waktu seumurannya beratnya udah 16 kg. Aku juga udah kasih macem2 vitamin, udah bawa ke berbagai dokter spesialis anak, sampe dikasih enzim untuk pencernaan juga. Tapi nggak ada perubahan juga kok. Tolong kasih masukan buat aku ya buk…

  2. saya lagi pusing bu..,anak saya sejak 4 bulan sudah makan bubur tetapi sejak bulan itu juga sampai sekarang umurnya sudah 11 bulan,tidak pernah ada selera makan,sehingga beratnya masih 9 kg,saya sudah kasih berbagai macam vitamin tetapi toh juga gak selera makan,tolong solusinya bu ya……..

  3. Tapi yang penting kan sehat bu….. Alhamdulillah.
    Dulu anak saya Ocha juga sama bu, langkah pertama saya dulu saya gonta ganti menu makanannya, soalnya kadang anak juga bosan dengan makanan yg itu-itu saja. Ternyata emang benar bu, kita harus pintar memilih menu makanan yang disukai anak.
    Kemudian saya amati juga suasana yang bagaimana yang dia suka untuk makan. Ternyata anak saya suka sambil bermain, jadi sebelum makan saya siapkan mainan2 nya sering juga saya ajak keluar sambil main dengan anak2 dilingkungan tetangga.
    Pemberian susunya juga diperhatikan bu, biasanya anak yang banyak minum susu emang sulit makannya.
    Mudah2an bisa membantu bu.

  4. anak saya umur 17 bulan dia sering muntah muntah, saya memberikan susu sapi pada anak saya, dan dia mudah sekali menderita flu ringan, apa penyebab muntah tersebut dan solusi ap Yng harus saya lakukan

  5. Anak saya 21bln smpe saat ini masih minum asi krn dya menolak minum sufor..klo pun mau minum hrs disuapi sendok..yg lebih susahnya lg dya anak yg sgt pemilih dlm makanan,klo sy bikin bubur dan di blender dya akan makan dgn lahap dan porsi yg byk,tp saat sy kenalkan mkn nasi,hanya nasi/mie sj yg dimakan (tnpa daging dn sayur) ini mbuat sy kwatir akn nutrisinya..lalu sy mncoba lg buatin bubur agar makan yg byk dn dya kmbali lahap mkny..yg jd ptanyaan sy apakah itu normal yah? Thanks

  6. Anak saya yg pertama susah sekali makan nasi.., skrang usianya dah 5 th. Tapi dia suka makan roti tawar, sayur n buah…, gmn ya solusinya…??

Tinggalkan Balasan

