Obat Diare Pada Anak

Sewaktu Ocha diare dokter kami memberikan obat diare kaopectate, setelah kami search n googling ternyata disarankan utk tidak diberikan pada anak dibawah 3 tahun.
Diare muntah intinya cuma satu, jangan sampai kekurangan cairan alias dehidrasi, yang berakibat fatal adalah dehidrasinya, jadi sebisa mungkin terus masukkan minuman cairan pengganti ion tubuh, oralit, pedialyte, air gula garam, air minum…..
Obat Diare kaopectate, setidak-tidaknya, mohon banget untuk gak ngasih ke anak dibawah usia 3 tahun.

Jika Anda masih beranggapan diare pada bayi lebih berbahaya ketimbang pada anak-anak yang lebih besar, sebaiknya buang jauh-jauh. Pola pikir seperti itu dapat menyesatkan dan berakibat gawat .

Kehilangan cairan dalam jumlah besar jika tak segala diganti akan berakibat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), dan berakibat fatal, baik pada bayi, anak-anak atau bahkan orang dewasa .

Lupakan anggapan jika bayi mencret dalam jumlah tak wajar, itu pertanda menjadi pintar! Mitos ini keliru. Saat ini, diare masih menjadi penyebab kematian pada bayi dan balita. Terutama pada peralihan musim, dimana diare jamak berkembang .

Anak dikatakan menderita diare jika buang air besar lebih dari 5-6 kali sehari. Namun tak selamanya mencret dikatakan diare. Misalnya pada bayi yang berusia kurang dari sebulan, yang bisa buang air hingga lima kali sehari dan fesesnya lunak .

Bagaimana diare yang perlu diwaspadai? Jika volume feses dalam jumlah banyak, sangat encer seperti air beras, berbau busuk, berlendir atau berdarah dan warnanya berubah, segera bawa bayi atau balita Anda ke dokter .

Apa tanda-tanda dehidrasi? Anak menunjukkan gejala kehausan, berat badan turun, elastisitas kulit berkurang, mata dan ubun-ubun cekung, selaput lendir pada bibir, mulut dan kulit tampak kering. Kalau anak menderita diare, beri minum segelas air dicampur garam atau cairan oralit habis buang air besar .

Tips penanganan diare pada bayi dan anak:

1. Pada bayi jangan sembarangan mengganti susu formula, apalagi kalau hanya termakan bujukan iklan. Mengganti susu sembarangan bisa jadi pencetus diare pada anak

2. Sebisa mungkin pertahankan ASI agar kekebalan tubuh bayi tetap optimal

3. Jika masih diare, hindari makanan yang sukar dicerna, seperti serat, lemak dan vitamin. Sebagai gantinya beri bubur, daging atau ikan halus, apel dan pisang. Boleh juga beri balita susu rendah lemak (susu formulasi khusus)

4. Beri minum sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi, terutama larutan garam/oralit

5. Anak diberi obat diare. Salah satu contoh obat diare yang dapat menetralisir kuman atau racun di dalam saluran pencernaan yaitu kaolin dan pectin. Kaolin dan pectin ini bekerja pada usus besar untuk menyerap kuman atau racun yang terdapat di dalamnya

6. Jika keadaan tak segera membaik, segera bawa ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Mengenai Kaopectate

Kaopectate merupakan obat diare berbentuk suspensi dalam air, mengandung zat berkhasiat kaolin dan pectin untuk mengobati mencret pada anak-anak dan orang dewasa, yang disebabkan oleh bakteri yang tidak tertentu (non-spesifik).

Kaolin dan pectin akan bekerja menyerap dan menghilangkan rangsangan, melenyapkan bakteri dan zat-zat yang merangsang, yang seringkali menjadi penyebab timbulnya mencret-mencret. Kaolin merupakan zat penyerap yang ampuh dalam usus, yang bekerja di permukaan untuk menyerap bakteri, racun serta zat yang bersifat merangsang. Pectin bekerja menghilangkan racun bakteri, makanya zat ini tak diserap tubuh. Pengaruhnya yang berguna untuk mengobati mencret hanya terbatas pada dinding usus.

Cara Pemakaian

Obat diare Kaopectate diberikan satu kali setiap hari sesudah buang air besar atau bila timbul mencret secara terus-menerus dapat diberikan beberapa kali, kecuali jika dokter menentukan lain.

Di pasaran tersedia dalam kemasan botol plastik isi 120 ml
Takaran yang dapat diberikan sebagai berikut:

- Dewasa adalah 4-8 sendok makan (60-120 ml)
– Anak-anak

- Di atas umur 12 tahun : 4 sendok makan (60 ml)
– Antara 6-12 tahun : 2-4 sendok makan (30-60 ml)
– Antara 3-6 tahun : 1-2 sendok makan (15-30 ml)
- Bayi, hanya atas petunjuk dokter

source: http://hanyawanita.com

Baca juga:

About these ads

11 Tanggapan

  1. hi.. info nya bagus, terima kasih. anak saya lagi menderita demam disertai BAB yg berlendir. artikelnya sangat membantu. thx ya..

  2. Artikel nya bagus.

  3. Hi Vina dan Vani, Tulisan tentang Diare bagus ya. Saya jadi tergerak untuk ikut nimbrung. Sekarang ini ada lagi obat Diare anak yang terkini yaitu : ORALIT untuk pengobatan rehidrasi (karena kalau diare pasti cairan banyak keluar) yang harus diminum sampai diare berhenti.

    Dan Obat terkini yaitu ZINC untuk pengobatan didnidng usus (fili-fili usus) yang terluka karena BAB yang keasamannya berubah tsb. Zinc (10 mg unt bayi 0 – 6 bln dan 20 mg untuk diatas 6 bulan) dapat mempercepat sembuhnya diare dan mengurangi keparahan. Dari studi2 klinis, jika diminum 10 hari (walau diare berhenti) dapat memberikan ketahanan terkena diare kembali dalam 2 – 3 bulan kedepan. Juga bisa meningkatkan nafsu makan.

    Sekarang oleh DepKes dan BPOM, telah disetujui Obat Zinc (merek maupun branded) ini, dan sudah ada 10 macam merek (dan generik) dipasaran yi: Zinkid, ZincPro, Zn-Diar, Zincare, Diazink, Orezink, Zidiar, Generik Zinc dalam tablet dispersible (tablet yang hancur sendiri dalam air matang 1 sendok) maupun sirup dan juga bubuk kering dalam sachet.

    Selain pemerintah, para dokter Anak yang terupdate, telah meresepkan juga atas penelitian dari WHO.

    Jika ada yang memerlukan tulisan ilmiahnya, bisa hubungi saya.
    BEST, Dewi Utari/ praktisioner kesehatan untuk anak

  4. kalo anak saya tak pernah ad keluahan diari tp justru beraknya selalu keras

  5. pengobatan alternatif diare untuk balita ada gak ya… anak saya baru berusia 1thn kasian klu harus di kasih obat kimia. thanks.

  6. anak ke 2 saya pupnya bagus tapi sering dari biasa…..habis dikasih obat malah jadi berlendir n kadang ada darahnya….setelah obat dikondumsi lumayan pup kembali bagus tapi masih sering pup….tapi bayi saya tetep oke minumnya n tetep ok makannya n berumur 10 bulan…….nah gimana nih saat saya tulis ini bayi saya masih pup terus huuff………..apa nih juga termasuk diare yah…karena ga pup berair….tapi ampas n berlendir sedikit,,,,,tq

  7. tq atas info obat diare untuk balita nya..
    Wasalam..

  8. trima kasih..infonya semoga tulisan semakin banyak yang melihat dan mengunjungi situs ini…

  9. ass, anak sy berusia 6bln krg 4hr. skrg ini dia lg diare. sy jd khwtir bgt parno gtu soalnya bru 2 mggu yg lalu dia diare smpe hrus drawat dbdan. tlng bntu obt apa yg plg manjur. trmksh

  10. ada interaksi obat kaopectat dan oralit tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.