Kandungan Gizi Susu Kedelai Tak Kalah Dengan Susu Sapi

Kalau harga susu sapi membubung tinggi, mungkin susu kedelai bisa jadi pengganti. Sebab mutu proteinnya nyaris sama dengan susu sapi. Dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan protein sehari
Sejak abad II sebelum Masehi, susu kedelai sudah dibuat di negeri Cina. Dari sana kemudian berkembang ke Jepang dan setelah PD II masuk ke Asia Tenggara. Di Indonesia, perkembangannya sampai saat ini masih ketinggalan dengan Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di Malaysia dan Filipina susu kedelai dengan nama dagang “Vitabean” yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral, telah dikembangkan sejak 1952. Di Filipina juga dikenal susu kedelai yang populer dengan nama “Philsoy”. Sementara di tanah air baru beberapa tahun terakhir dikenal susu kedelai dalam kemasan kotak karton yang diproduksi oleh beberapa industri minuman.

Gizi susu kedelai
Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi (lihat tabel). Karena itu susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang-orang yang tidak punya atau kurang enzim laktase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.

Laktosa susu sapi yang lolos ke usus besar akan dicerna oleh jasad renik yang ada di sana. Akibatnya, orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan menderita diare tiap kali minum susu sapi. Umumnya, mereka orang dewasa yang tidak minum susu pada waktu masih kecil. Karenanya, penderita kebanyakan berasal dari kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan negara-negara berkembang.

Untuk balita dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan protein sehari. Dibandingkan dengan susu sapi, komposisi asam amino dalam protein susu kedelai kekurangan jumlah asam amino metionin dan sistein. Tetapi, karena kandungan asam amino lisin yang cukup tinggi, maka susu kedelai dapat meningkatkan nilai gizi protein dari nasi dan makanan sereal lainnya.

Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi. Misalnya, protein efisiensi rasio (PER) susu kedelai adalah 2,3, sedangkan PER susu sapi 2,5. PER 2,3 artinya, setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan pada hewan percobaan (tikus putih) sebanyak 2,3 g pada kondisi percobaan baku. Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya terutama kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Karena itu dianjurkan penambahan atau fortifikasi mineral dan vitamin pada susu kedelai yang diproduksi oleh industri besar.

Dari seluruh karbohidrat dalam susu kedelai, hanya 12 – 14% yang dapat digunakan tubuh secara biologis. Karbohidratnya terdiri atas golongan oligosakarida dan golongan polisakarida. Golongan oligosakarida terdiri dari sukrosa, stakiosa, dan raffinosa yang larut dalam air. Sedangkan golongan polisakarida terdiri dari erabinogalaktan dan bahan-bahan selulosa yang tidak larut dalam air dan alkohol, serta tidak dapat dicerna.

Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.

Salah satu produk susu kedelai yang baik adalah Melilea Organic Soya Drink produk susu kedelai yang diproses melalui teknologi modern sehingga menghasilkan gizi tinggi, tekstur yang lembut dan cita rasa yang benar-benar lezat. Nilai gizi dari kacang kedelai yang mengandung protein kacang kedelai, zat besi dan gizi-gizi lain yang baik untuk tubu Anda, tetap Anda rasakan! Sangat cocok untuk bayi yang alergi terhadap susu Sapi, dan sangat baik di konsumsi bagi mereka yang mengalami obesitas, karena tidak mengandung kolesterol, serta kandungan Flavanoidnya sangat baik.

Bagi yang ingin membeli atau menjadi distributor susu soya organik melilea atau produk melilea lain bisa menghubungi :

IBU LINA (netrynf@yahoo.com)
Jl. Pamenang no 5 Kediri, Jatim
Tlp. 0354-681305
HP : 08125905358

About these ads

19 Tanggapan

  1. Salam kenal, minta ijin copy artikel nya ya

  2. salam kenal juga

  3. assalamu’alaikum??
    salam kenal!!!
    ku mau minta ijin copi artikelny!!!
    makasih

  4. Saya juga produksi organik soya drink, kualitasnya tidak kalah bagus dibanding produk luar dan dalam negeri yang lagi ngetren. kami produksi 2 rasa plain dan vanilla tanpa ada rasa dan bau langu yang mengganggu kenikmatan susu kedelai. mau berbagi cerita atau coba produk kami boleh kontak saya di 0813 2925 7667.
    Produk dengan merk khalilla ini baru kami pasarkan di wilayah semarang dan yogyakarta 1 minggu ini dan respon masyarakat sangat istimewa. produk ini mampu menghilangkan image produk susu kedelai yang ada dilapangan selama ini masih berasa dan berbau langu.

  5. Saya kira itu bukan susu kedelai, tapi sari kedelai. Susu adalah cairan yg dihasilkan dari ambing mamalia. Klo sari kedelai..ya dari biji tanamam kedelai. Klo tiap hari dah makan tahu dan tempe, maka sari kedelai tidak perlu lagi kayaknya.

  6. mikum…….

    emmm ma’af yaw chie numpang copy artikelnya wat tgas kul. ndak pa2 kan…????

  7. maaf boleh numpang tanya? kalo produk susu soya organik melilea buatan ibu sudah difortifikasi dengan mineral dan vitamin tertentu blm? dan jika sudah, apakah kalsium adalah salah satunya? terima kasih..

  8. salam kenal… minta ijin copy artikelnya y.

  9. air tahu, ternyata enak juga, dicampur dengan kopi susu. saya sudah coba [6/5/1010] 500 ml air tahu campur dengan 50 ml kopi susu [1/5 gelas] tambahkan batu es

  10. bpk ibu yth, sy minta ijin utk copas artikelnya ya?? abisss bagus banget sih artikelnya..
    hehehhe

  11. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kedelai yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  12. susu kedelai itu khan tidak akan tahan dalam 6 jam ,susu kedelai ibu lina berapa hari bisa bertahan apa itu tdak mengandung bahan pengwet.?maaf,saya cuma bertanya

  13. Kandungan gizi kedelai dan susu kedelai beda ga ya? emmm kira kira efektif makan tempe/tahu atau susu kedelai?

  14. Sari kedelai sangat baik untuk tubuh, jadi tidah perlu di khawatirkan gizi sari kedelai dengan susu sapi..
    contoh sari kedelai yang murni dan tidak ada sama sekali kandungan zat-zat kimia

  15. bagus banget artikelnya gan.Numpang copy artikelnya ya..

  16. “Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi (lihat tabel). ”

    Tabel nya mana yak? :bingung:

  17. mau nanya,,tabel kandungan gizi susu kedelai sama sapi nya koo g ada ya??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.