5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun

5 jenis imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah, dalam hal ini masih mendapat subsidi dari pemerintah sehingga biayanya relatif lebih murah

  1. Imunisasi BCG, Ketahanan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercle bacii yang hidup didalam darah. Itulah mengapa agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkan jenis basil tak berbahaya ini ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)
  2. Imunisasi Hepatitis B, Imunisasi ini merupakan langkah efektif untuk mencegah masuknya VHB, yaitu virus penyebab penyakit hepatitis B. Hepatitis B dapat menyebabkan sirosis atau pengerutan hati, bahkan lebih buruk lagi mengakibatkan kanker hati.
  3. Imunisasi Polio, Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. Penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan.
  4. Imunisasi DTP, Dengan pemberian imunisasi DTP, diharapkan penyakit difteri, tetanus, dan pentusis, menyingkir jauh dari tubuh si kecil.
  5. Imunisasi Campak, Sebenarnya bayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, antibodi dari ibunya semakin menurun sehingga butuh antibodi tambahan lewat pemberian vaksin campak. Penyakit ini disebabkan oleh virus Morbili.
37 Tanggapan

  1. [...] 5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun [...]

  2. [...] mengapa orangtua masih kerap abai dengan tindakan penting ini? Mana sajakahimunisasi yang wajib, dan mana pula yang [...]

  3. hai keluarga vani dan vina salam kenal, blognya menarik sekali, saya betah lho lama2 disini baca2 artikelnya. Sukses yach. kapan2 silakan maen juga ke http://www.bayivegetarian.com okey.

  4. Boleh ga di imunisasi klo anaknya lagi batuk pilek ? Umurnya mau masuk 6 bulan.

    • Sebaiknnya kalo batuk pilek imunisasi ditunda dulu..bisannya kalo batuk pilek disertai panas bidan atau DSA pun melarang untuk imunisasi apalagi imunisasi DPT yang efek setelah di imunsais DPT menimbulkan panas,udaha bayinya lagi panas di tambah panas,bisa menimbulkan kejang lho….terima kasih

  5. Thanks.,..,.,.,.,.,.,.,.,
    Karena,.,.,. Aku Bisa nambahin Materi di makalahq,.,.,
    Ok,.,
    Thanks so much
    MeNtAri(^-^)

  6. kalo anank saya lagi deman boleh tidak anak saya di imunisassi

    • kalo anak lagi demam sebaiknya jangan diimunisasi ..tunda aja dulu sampe bayi kita bener-bener sehat… ^_^

  7. setelah selesai imunisasi ke 5 yg d atas imunisasi seperti apa lagi yang harus saya lakukan saya mohon sedikit petunnjuk trimah
    kasih

  8. Ibu yanti sebaiknya dikonsultasikan ke dokter yg merawat putra ibu untuk imunisasi yg bukan dasarm terima kasih

  9. biasaanya habis imunisasi badannya panas …adangga yg nggak panas.

  10. Maw bayix sehat?????????berikan imunisasi!!!!!!!

  11. kita wujudkan anak indonesia yang sehat jasmani dan rohani

  12. saya binging mau jelasin ke mertua saya,beliau sangat anti dg imunisasi dg alasan bayi pasti sakit kalau imunisasi.sementara saya sgt ingin anak saya di imunisasi…ge mana ya cara menjelaskan ke mertua saya??thanks ya atas bantuan dan input nya…semoga di balas yang maha kuasa

    • imunisasi kan fungsinya meningkatkan kekebalan tubuh anak, jadi klo ada reaksi panas dalam tubuh anak itu hal wajar, kita kan tidak ingin menyesal kemudian jika terjadi kenapa2 dgn anak kita akibat tidak kita imunisasikanm benarkan ???

    • pergi aja ke dokter dan ga usah bilang ke mertua kalau mau diimunisasi….
      karena imunisasi sangat penting dan bisa lebih repot kalau anaknya ibu sakit

  13. [...] 5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun Posted on Februari 17, 2008 by vinadanvani [...]

  14. [...] 5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun Posted on Februari 17, 2008 by vinadanvani [...]

  15. apa kegunaan imunisasi itu ?

  16. saya suka dengan artikel ini.
    tapi disini tidak diberitahukan umur berapa bayi harus di imunisasi sesui dengan kebutuhan bayi tersebut & batas umur bayi yang harus di imunisasi.
    timakasih…………^_^

  17. banyakin donx materi2 tentang balita sehat dan sakit

  18. apa efek jika imunisasi tidak lengkap

  19. apa sih beda imunisasi biasa dengan pediasel ? anak saya sekarg usianya 2 bulan sudah dpt imun Hep B1, BCG + Polio, dan Hep B2, jadi untuk selanjutnya imunisasi apa lagi ? Trims

  20. anak saya umurnya 2 bln dh imunisasi DPT 1 tinggal DPT 2 dan 3. terus say mo tanya ap gunanya imunisasi HIB? di umur berapa bulan HIB harus di berikan?ad berapa kali HIB harus diberikan? mohon jawabanya!

  21. makasih informasinya sangat berguna

    Baju Bali Murah

  22. anaksayaberusia2thndiblnmei.seharusnyaditgltsbtdiimunisasikrnlupasmpdgntgl4juniblmdiimunisasi,apakhmsbisadiimunisasisdngknsdhterlambathampir2minggu,bgmnapkhadpergantianimunisasinya

  23. ..saya mmpunyai ank yg msh berusia 6hri..imunisasi apakah yg hrs sya lakukn..tolog pnjelasan bwt rekan2..trims sblmx..

  24. Sangat bermanfaat ni infonya & “SEMOGA SUKSES SELALU” :)

  25. mau tahu tentang manfaat alga jepang silahkan kunjungi blog saya….

  26. anak saya sekarang umur 7 bln tp masih imunisasi dpt 2 karena anak saya sering batuk jadi imunisasinya telat gimana nih mhn di beri masukan

  27. Anak sya slalu tepat waktu imunisasinya. smpai usia 9blan ketika mau imun campak,anak sya skit trus,mulai btuk,pilek,mencret.jd sy tdak brani membawa dia imun campak.stelah setahun lbih sya bwa lg dia ke bidan untk imun cmpak.kta bidan tdak bsa lg krna usiax sdah lbih stahun,krna akan sia2 sja.gman ini?mhon penjelsanx.

  28. saya sampai sekarang (17 tahun) belum di vaksin hepatitis. apa besar kemungkinannya saya terkena hepatitis?

  29. anak saya imunisasi pertamanya telat yaitu di usia 2 bln,bagaimana ya dampaknya?dan sebulan sebelum di imunisasi dia tranfusi darah..apakah ada pengaruhnya?

  30. mengapa campak harus diberikan minimal umur 9 bulan ?

  31. You really produced quite a few remarkable items with your post, “5
    Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun keluarga kediri-imunisasi anak-susu kedelai/soya”.
    I’ll be coming to ur page in the near future. With thanks -Lanny

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.